Pilgub Jatim, PPP Tunggu Petunjuk Kiai NU

S. Yugo Hindarto, CNN Indonesia | Senin, 04/09/2017 11:48 WIB
Pilgub Jatim, PPP Tunggu Petunjuk Kiai NU PPP belum menentukan sikap tentang calon yang akan diusung pada Pilgub Jawa Timur 2018. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum memutuskan nama calon yang akan diusung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur tahun 2018.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Jawa Timur Musyafak Noer mengatakan, partainya masih menunggu petunjuk dari Kiai Nahdlatul Ulama (NU) untuk menentukan sikap.

"Partai kami didirikan oleh para kiai dan tidak mungkin kami tak mengikuti petunjuk yang diberikan, khususnya menjelang Pilkada Jatim mendatang," ujar Musyafak di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/9).


Dikatakan Musyafak, hingga saat ini PPP masih menjaring bakal pasangan calon.

Menurut dia, keputusan final tentang calon yang akan diusung ada di tangan DPP PPP. Hal itu sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku di internal partai.

"Kami di Jatim tetap menyampaikan ke pusat bahwa para kiai-kiai di sini sudah bersikap dan berharap NU tidak pecah di Pilkada. Sikap kami tetap mengikuti apa yang disampaikan kiai," ucapnya.
Politikus senior tersebut mengaku telah dipanggil oleh kiai-kiai sepuh di Kantor PWNU Jatim pada Selasa (29/8). Dalam pertemuan itu, para kiai sepakat mendukung Wakil Gubernur sekaligus Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon Gubernur Jatim periode lima tahun ke depan.

Saat itu, kata dia, turut hadir pada pertemuan dengan pengurus PPP Jatim, antara lain Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Mansur, Ketua PWNU Jatim KH Mutawakil Alallah, sejumlah kiai, yakni KH Idris Hamid (Pasuruan), KH Anwar Iskandar (Kediri), KH Zainudin Jazuli (Ploso, Kediri), KH Nurudin A Rahman (Bangkalan) dan Gus Kikin (Tebuireng Jombang).

"Kami sangat menghormati hasil pertemuan dan sepakat mengikuti petunjuk kiai. Selanjutnya kami sampaikan ke pusat dan keputusan final ada di DPP. Tentunya sekali lagi, keputusannya sesuai mekanisme dan aturan berlaku," katanya.

Sejumlah partai telah memastikan calon yang akan diusung di Jawa Timur. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan mengusung Saifullah Yusuf. Sedangkan partai lainnya, belum menentukan calon.