Kinerja Jokowi Dinilai Takkan Terpengaruh Persiapan Pilpres

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 08/09/2017 08:42 WIB
Kepala Staf Presiden Teten Masduki menegaskan, Presiden Joko Widodo akan fokus bekerja, meskipun tahun depan, persiapan Pilpres 2019 sudah dimulai. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki memastikan kinerja pemerintahan Joko Widodo tidak akan terpengaruh dengan persiapan Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Presiden Teten Masduki berpendapat, kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak akan terpengaruh situasi politik, termasuk persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Beliau (Jokowi) fokus menyelesaikan pemerintahan ini," ujar Teten di kantornya, Kamis (7/9).

Pernyataan Teten itu, menegaskan pernyataan Jokowi saat berbicara di depan Rakernas III Relawan Projo, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, 4 September silam.
Ketika itu, di hadapan relawan Projo, Jokowi mengatakan akan fokus bekerja dan tidak memikirkan Pilpres. "Kampanye bagian Projo. Saya bekerja saja," ujar Jokowi kala itu.


Diakui Teten, pemerintahan Jokowi hanya memiliki waktu efektif untuk bekerja hingga September 2018 sebelum ingar bingar perpolitikan Pilpres dimulai.

Menurut Teten, tahun 2018, tahapan Pilpres seperti pencalonan, penetapan calon, hingga kampanye sudah dimulai. Tahapan ini akan berakhir sekitar bulan-bulan awal 2019.

Teten menuturkan, Jokowi juga telah menginstruksikan para menteri agar tak ikut berkampanye saat sidang kabinet terbuka.

Menteri, kata Teten, diminta tidak membuat kebijakan baru yang mengecewakan rakyat dan hanya fokus melanjutkan bahkan menyelesaikan program yang telah berjalan.

"Jadi saya kira clear Pak Presiden tidak mau mengurusi politik," Teten.

Teten belum mengetahui, instruksi ini akan dikukuhkan melalui sebuah surat edaran atau tidak.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK