Untuk Pilgub Jatim, Khofifah Sudah Temui Setya Novanto

Abi Sarwanto , CNN Indonesia | Sabtu, 09/09/2017 05:22 WIB
Untuk Pilgub Jatim, Khofifah Sudah Temui Setya Novanto
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa disebut sudah berkomunikasi intensif dengan pengurus DPP Partai Golkar terkait pencalonannya sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jawa Timur 2018.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, Khofifah juga sudah menemui Ketua Umum Setya Novanto. Saat bertemu dengan pria yang juga Ketua DPR itu, Khofifah disebut didampingi Kordinator Bidang Pemenangan Pemilu Golkar Nusron Wahid. Adapun pertemuan itu, Idrus mengatakan, sebelum Iduladha.

"Saya ingin katakan secara terbuka (Khofifah) telah melakukan komunikasi secara intensif bahkan ketemu ketua umum," kata Idrus di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (8/9).

Pertemuan itu, kata Idrus, akan ditindaklanjuti dengan mensimulasikan dan komuniksi dengan partai-partai lain.

"Ada survei dan akan kita lihat dengan pemetaan. Pemetaan dari konstituen-konstituen yang ada," kata Idrus.

Menurut Idrus, Khofifah memiliki modal politik yang cukup kuat dalam pilgub Jatim. Salah satunya, karena posisi Khofifah sebagai Ketua Muslimat Nadhlatul Ulama. Apalagi, di Jawa Timur, Muslimat NU disebut memiliki kader yang militan.

"Dan itu bisa jadi pertimbangan utama untuk memutuskan calon nanti," ujarnya.

Meski demikian, Idrus menyerahkan pencalonan kepada Khofifah lantaran Menteri Sosial itu belum mendapat restu dari Presiden Joko Widodo untuk ikut bertarung di Pilgub Jawa Timur 2018.

Tercatat, dua kali sudah Khofifah bertemu dengan Jokowi. Terakhir, Khofifah bertemu akhir Agustus lalu. Khofifah malu-malu ketika diberondong pertanyaan seputar rencananya maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Merespons itu, Khofifah menyatakan siap maju dalam Pilgub Jatim bila mengantongi dukungan dan persetujuan Presiden Jokowi.