Novel Baswedan Akan Dipasang Mata Artifisial

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 06:56 WIB
Novel Baswedan Akan Dipasang Mata Artifisial Tim dokter di Singapura berencana memasang mata artifisial di mata kiri Novel Baswedan. (Dok. Bambang Widjajanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan bakal dipasangi mata artifisial sebagai tindak lanjut pemulihan atas mata kirinya yang lumpuh karena disiram air keras oleh orang tak dikenal pada April lalu.

Kabar tersebut diutarakan istri Novel, Rina Emilda usai mengadakan pengajian di rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9).

Rina menjelaskan, perkembangan kondisi mata kiri Novel terus membaik usai dioperasi. Langkah selanjutnya, kata Rina, yakni pemasangan mata artifisial. Rina mengaku tak tahu secara detail arti mata artifisial untuk Novel.
"Setiap kontrol itu hasilnya selalu baik. Hanya butuh waktu lagi untuk dipasang artifisial matanya di bulan Oktober," ujar Rina.


Setelah dipasangi mata artifisial, lanjut Rina, suaminya belum langsung dapat melihat seperti sediakala.

Butuh waktu yang cukup lama bagi Novel Baswedan untuk bisa merasakan manfaat mata artifisial tersebut secara optimal. Rina juga menyebut tidak ada yang menjamin kapan mata Novel dapat sembuh seperti semula.

"Masih berangsur-angsur melihat sampai tiga minggu setelah dipasang mata artifisialnya," kata Rina.
Berbeda dengan mata kiri, proses penyembuhan mata kanan Novel mengalami perkembangan secara pesat.

Mata kanan Novel mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan total. Dengan kata lain, mata kanan Novel akan berfungsi seperti semula.

"Sekarang tersisa sedikit lagi untuk pulih," kata Rina.
Novel disiram air keras usai melaksanakan salat Subuh di masjid dekat rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, 11 April, lalu.

Sejak peristiwa itu penyelidikan kasusnya oleh kepolisian sudah berjalan lima bulan, namun Novel Baswedan dan keluarga belum mendapat titik terang mengenai pelaku, motif maupun aktor intelektual penyerangan itu.