Rapat Dengar Pendapat Komisi III dan KPK Ditunda Pekan Depan

Joko Panji Sasongko , CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 20:26 WIB
Rapat Dengar Pendapat Komisi III dan KPK Ditunda Pekan Depan Pimpinan KPK menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR RI dalam dua hari terakhir, 11 dan 12 September 2017. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR RI dan KPK ditunda setelah dinyatakan diskors sekitar pukul 18.00 WIB, Jakarta, Selasa (12/9).

Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman yang memimpin sidang itu menyatakan rapat akan kembali digelar pekan depan. Benny sendiri beralasan tidak bisa melanjutkan memimpin sidang pada hari ini karena mengalami sakit gigi.

"Tadi saya enggak bisa mimpin (rapat). (Kembali rapat) nanti minggu depan. Aku mau ke dokter gigi, aku bilang enggak bisa," ujar Benny di Gedung DPR, Jakarta.
Sementara itu, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengaku ada dua alternatif tempat untuk melanjutkan rapat yang rencananya digelar pekan depan. Rapat lanjutan itu bisa digelar kembali di ruang Komisi III atau di Gedung KPK, Jakarta.

Namun, waktu dan usulan itu belum disepakati. Pasalnya, beberapa pimpinan KPK akan ke luar kota untuk kegiatan lainnya minggu depan.

"Karena Pak Saut (Situmorang-Wakil Ketua KPK) masih di luar kota (pekan depan). Jadi masih dicari titik temu kapan tanggalnya," ujar Bambang.

Sebelumnya, Benny mengetok palu menunda sementara rapat tersebut sekitar pukul 18.00 WIB berdasarkan kesepakatan seluruh fraksi.
Setelah disepakati penundaan, Benny menegaskan pada agenda selanjutnya seluruh fraksi di Komisi III tak lagi diizinkan mengajukan pertanyaan. Ia menyatakan agenda sidang lanjutan hanya untuk mendengarkan jawaban KPK atas sejumlah pertanyaan dari anggota Komisi III yang belum terjawab.

"Tidak ada pertanyaan lagi. Kita akan mendengarkan jawaban. Langsung membacakan kesimpulan dan kita tutup," ujarnya di Ruang Sidang Komisi III DPR RI, Jakarta.