logo CNN Indonesia

PPATK Serahkan Analisis Aliran Uang Saracen ke Polisi

, CNN Indonesia
PPATK Serahkan Analisis Aliran Uang Saracen ke Polisi Barang bukti terkait Saracen. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyerahkan laporan hasil analisis (LHA) aliran uang pada belasan nomor rekening yang terkait dengan grup penyebar konten ujaran kebencian dan bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), Saracen.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, laporan tersebut diterima penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal (Dittipidum Bareskrim) untuk dipelajari lebih lanjut.

"PPATK sudah serahkan LHA ke Bareskrim," kata Martinus di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan Rabu (13/9).
Dia menjelaskan, penyidik akan mendalami dan melihat keterkaitan hasil analisis PPATK dengan fakta-fakta lain yang telah ditemukan, termasuk mencocokkan jejak digital yang ditemukan dalam komponen penyimpan data berupa hard disk drive (HDD) dan flashdisk milik tersangka.

"Penyidik akan lakukan analisis dengan membandingkan fakta-fakta lainnya di jejak digital untuk menentukan apa ada tersangka lainnya dalam kasus ujaran kebencian," ujar Martinus.
Penyidik Dittipidum Bareskrim telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dari grup Saracen, yakni MFT, SRN, JAS dan MAH.

Mereka ditangkap dengan dugaan menyebarkan ujaran kebencian lewat Saracen. Ketiganya dijerat dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Selain itu, polisi mengamankan Asma Dewi karena temuan dugaan tindakan transfer uang sebesar Rp75 juta ke anggota inti grup Saracen.
(kid)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video