logo CNN Indonesia

Djarot Klaim Pembangunan Jakarta Dongkrak Kesejahteraan Warga

, CNN Indonesia
Djarot Klaim Pembangunan Jakarta Dongkrak Kesejahteraan Warga
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengklaim pembangunan yang digerakkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berhasil meningkatkan kesejahteraan warga ibu kota.

Menurut Djarot, keberhasilan pembangunan itu terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) DKI Jakarta yang menduduki posisi tertinggi dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

"Pencapaian IPM DKI Jakarta merupakan IPM tertinggi provinsi secara nasional," Kata Djarot di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Rabu (13/9).

"Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa kami (Pemerintah) berada dalam jalur pembangunan yang tepat, yakni berbagai upaya pembangunan di bidang ekonomi, sosial, dan infrastruktur kota yang telah kami programkan dan kerjakan bersama berhasil meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat," Jelas Djarot.
Djarot menambahkan, bila dibandingkan dengan IPM berbagai negara dan kota dari berbagai dunia, IPM Indonesia termasuk dalam kategori medium human development.

Sedangkan pada level kota, Jakarta berada pada kelompok high human development.

IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.

Dari situs resmi Badan Pusat Statistik, secara umum, pembangunan manusia di DKI Jakarta terus mengalami kemajuan selama periode 2010 hingga 2016.
IPM DKI Jakarta meningkat dari 76,31 pada tahun 2010 menjadi 79,60 pada tahun 2016. Selama periode tersebut, IPM DKI Jakarta rata-rata tumbuh sebesar 0,71 persen per tahun.

Pada periode 2015-2016, IPM Jakarta tumbuh 0,77 persen atau di atas rata-rata pertumbuhan IPM Indonesia sejak tahun 2010. 

Djarot mengatakan, untuk meningkatkan dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi Jakarta, Pemprov DKI melaksanakan kegiatan yang bersifat rutin.

Selain itu,kata Djarot, Pemprov DKI juga memprioritaskan program unggulan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video