KPK: Lima Orang Diamankan dalam OTT Wali Kota Batu

Rinaldy Sofwan , CNN Indonesia | Sabtu, 16/09/2017 20:07 WIB
KPK: Lima Orang Diamankan dalam OTT Wali Kota Batu Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengonfirmasi kabar operasi tangkap tangan terhadap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. (ANTARA Foto/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi mengonfirmasi kabar soal operasi tangkap tangan terhadap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, dan menyatakan ada lima orang yang ditangkap dalam penindakan tersebut.

"Benar ada tim KPK yang lakukan OTT siang ini di salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur. Sekitar lima orang diamankan, termasuk kepala daerah dan pejabat unit pengadaan," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Sabtu (16/9).

Basaria mengatakan kelima orang tersebut sedang dibawa ke kantor polisi terdekat untuk pemeriksaan awal.

"Diduga pemberian terkait dengan fee proyek di daerah setempat," kata Basaria.

Sementara informasi selengkapnya akan disampaikan dalam konferensi pers, besok.

Seorang sumber internal KPK mengatakan kepada CNNIndonesia.com bahwa Eddy diringkus di sebuah lokasi di Malang, Jawa Timur, diduga usai menerima uang terkait proyek Pemda Batu.

Penangkapan dilakukan pada siang hari tadi.
KPK memilki batas waktu 1x24 jam untuk memutuskan staus Eddy dalam OTT tersebut.

Eddy merupakan Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang periode 2015-2020. Pada 2015 lalu, dia juga pernah ditunjuk oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai salah satu bagian dari Tim Transisi PSSI.