CPNS Kemenkes, 30 Ribu Pelamar Berebut 1.000 Kursi

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Kamis, 12/10/2017 07:28 WIB
Sebanyak 30 ribu peserta yang lolos tahapan CPNS di Kementerian Kesehatan akan memasuki tahap uji kompetensi dasar yang hanya menyisakan 1.000 kursi. Kemenkes tidak akan menunda pengumuman peserta CPNS yang lolos tahap administrasi pada Jumat (13/10). (ANTARA FOTO/Ilustrasi/Adwit B Pramono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kesehatan tidak akan menunda pengumuman peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos tahap administrasi pada Jumat mendatang (13/10). Kemenkes mencari 1.000 CPNS di seleksi berikutnya.

"Tidak akan ada penundaan (jadwal pengumuman)," kata Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemenkes 2017, Untung Suseno Sutarjo kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Rabu (11/10).

Untung menyebutkan jumlah peserta yang lulus tahap administrasi dan akan mengikuti ujian kompetensi dasar sekitar 30.000 orang. Sementara para peserta itu harus memperebutkan 1.000 kursi dalam seleksi tahap ini.



Berdasarkan jadwal Seleksi CPNS Kemenkes, para peserta yang lolos tahap administrasi diwajibkan mencetak kartu peserta tes kompetensi dasar secara mandiri pada 14-15 Oktober. Para peserta wajib mengikuti tes kompetensi dasar pada 16-25 Oktober.

Peserta lalu diwajibkan mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya seperti yang tercantum dalam jadwal. Mengenai rangkaian tahapan tersebut, Untung memastikan tidak akan ada perubahan jadwal.

Menurutnya, semua rangkaian agenda akan dijalankan sesuai dengan jadwal yang telah dipublikasi di laman cpns.kemkes.go.id. "Iya, on time semuanya," kata Untung.


Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi juga menyatakan hal yang sama. "Kita sementara masih sesuai jadwal," katanya.

Diketahui, Kemenkes merupakan salah satu instansi dengan jumlah pelamar terbesar dalam seleksi CPNS 2017. Jumlah total pelamar mencapai 77.706 orang. Tingginya angka tersebut membuat Kemenkes berada di urutan kedua di bawah Kemendikbud yang diisi pelamar 162.225 peserta.

30.000 CPNS Kemenkes Berebut 1.000 Kursi di Tahap BerikutnyaMenpan RB Asman Abnur meninjau pelaksanaan tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Mengenai Kepastian jadwal pelaksanaan seleksi, Kemenkes berbeda dengan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Kemendikbud menunda pengumuman peserta yang lolos tahap administrasi melalui laman cpns.kemdikbud.go.id. Pengumuman itu semula dijadwalkan bakal dikeluarkan pada Jumat lalu (6/10). Namun, Kemendikbud menunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Kepala Pusat Teknologi dan Informasi Kemendikbud Ari Santoso mengatakan, jumlah pendaftar CPNS di Kemdikbud banyak di luar prediksi. Pihak panitia masih berkoordinasi dengan panitia pusat untuk menyediakan sarana dan prasarana tes.

"Pengumuman akan segera diumumkan setelah permasalahan sarana dan prasarana tes diselesaikan," kata Ari, Selasa (10/10).

Kemristekdikti juga melakukan penggantian jadwal terkait pelaksanaan tes kompetensi dasar. Seharusnya, Kemristekdikti menggelar tes kompetensi dasar pada Rabu (11/10). Namun, jadwal itu kemudian ditunda seperti tertulis dalam pengumuman yang ada pada laman cpns.ristekdikti.go.id.

"Sehubungan dengan kebijakan Panselnas tentang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT BKN, saat ini Panitia Seleksi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sedang melakukan koordinasi bersama Panselnas terkait teknis pelaksanaan SKD. Hal ini berdampak pada tertundanya jadwal pencetakan kartu ujian dan pelaksanaan SKD yang semula akan dimulai tanggal 11 Oktober 2017." Demikian bunyi pengumuman di laman tersebut.