Anies-Sandi Beda Sikap Soal Rumah Dinas

Bimo Wiwoho , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 21:19 WIB
Anies-Sandi Beda Sikap Soal Rumah Dinas Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berbeda sikap terkait rumah dinas. Anies memilih menetap di rumah dinas, sedangkan Sandi tidak. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anies Baswedan berencana menempati rumah dinas saat menjabat kelak sebagai Gubernur DKI Jakarta terpilih. Hal ini berbeda dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno yang memilih tinggal di rumah pribadinya.

Saat ini, Anies tinggal di rumah pribadinya di jalan Lebak Bulus II, Cilandak, Jakarta Selatan. Sementara, Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta ada di jalan Taman Suropati Nomor 7, Jakarta Pusat.

Anies menilai, tempat tinggalnya selama ini berada di lokasi yang cenderung jauh dari pusat Jakarta. Berbeda dengan lokasi Rumah Dinas Gubernur DKI yang dianggap strategis karena berada di dekat pusat pemerintahan.

"Sehingga dengan (tinggal) di tengah (Jakarta) saya bisa menjangkau ke mana saja, jauh lebih efisien," jelasnya.

Meski begitu, Anies belum tahu kapan akan mulai menempati rumah dinas itu. Pihaknya harus menghitung sejumlah hal lebih dahulu. Misalnya, kondisi rumah dinas dan jarak sekolah anak-anaknya dengan rumah dinas. Ia juga belum memutuskan soal kemungkinan kepindahan sekolah anak-anaknya.

"Nanti mungkin tanggal 17 (oktober) akan saya lihat," tutur Anies.

Keputusan Anies tersebut berbanding terbalik dengan apa yang diambil pendampingnya Wakil Gubernur terpilih Sandiaga Uno. Sandiaga tidak berencana mendiami rumah dinas yang akan diberikan selama menjabat sebagai wakil gubernur.

Tempat tinggal Sandiaga berlokasi di jalan Pulokambeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Alasan Sandiaga juga cenderung bertentangan dengan Anies. Sementara, Rumah Dinas Wagub DKI Jakarta ada di Jalan Besakih, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Lebih memudahkan mobilisasi kalau kami tinggal di (Jakarta) Selatan," kata sandiaga di kawasan Kebayoran Baru, Kamis (12/10).

Meski begitu, Sandiaga ingin memanfaatkan Rumah Dinas Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk keperluan masyarakat. Misalnya, kegiatan pengajian dan pertemuan-pertemuan warga.

Anies-Sandi bakal resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI periode 2017-2022 saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (16/10).

(arh)
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Estafet Ahok-Djarot untuk Anies-Sandi