Usai Umumkan Calon, PDIP Langsung Gelar Rapat Konsolidasi

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Minggu, 15/10/2017 10:18 WIB
Usai Umumkan Calon, PDIP Langsung Gelar Rapat Konsolidasi Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PDIP Ahmad Basarah. (Foto: CNN Indonesia/ Andika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini akan mengumumkan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan dicalonkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur dan Sulawesi Selatan tahun 2018 mendatang.

"Hari ini rencananya kita akan mengumumkan calon gubernur dan cawagub Jatim dan Sulsel," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Meski sudah akan diumumkan, Basarah mengaku belum mengetahui siapa nama yang akan dicalonkan.


Namun, Basarah mengatakan akan tetap ada kader PDIP yang akan diusung.
"Otomatis, salah satu diantaranya adalah kader yang diusung oleh PDIP, artinya dia formalnya diusung oleh DPP PDIP perjuangan," ujarnya.

Basarah menyampaikan alasan PDIP mengumumkan pasangan calon untuk Jatim dan Sulsel diumumkan terlebih dahulu karena syarat untuk mengusung pasangan calon di kedua daerah tersebut telah terpenuhi.

Basarah menuturkan belajar dari pengalaman pilkada serentak 2017, PDIP tidak hanya akam berfokus pada target kemenangan semata, tetapi konsolidasi bangsa juga menjadi perhatian PDIP.

Karena itu, dalam memiliih pasangan calon, PDIP tidak hanya memperhatikan faktor elektabilitasnya saja, tetapi juga faktor kohesivitasnya di masyarakat tujuannya untuk bisa menyatukan berbagai golongan yang ada di masyarakat.
"Kelompok-kelompok, golongan-golongan masyarakat itu dapat disatukan, terutama dalam golongan nasionalis dan golongan Islam sebagai kekuatan terbesar di republik ini," tutur Basarah.

Basarah mengatakan usai pengumanan nama cagub dan cawagub tersebut, akan segera dilakukan rapat konsolidasi untuk menyusun strategi memenangkan cagub maupun cawagub yang diusung PDIP.

"Akan dilalukan rapat koordinasi untuk memastikan pemantapan kemenangan paslon yang diumukan hari ini," ujar Basarah. (evn)