Peringatan Nelayan Jakarta Bagi Anies-Sandi Soal Reklamasi

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Selasa, 17/10/2017 04:48 WIB
Peringatan Nelayan Jakarta Bagi Anies-Sandi Soal Reklamasi Ilustrasi Nelayan di Jakarta. (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komunitas nelayan tradisional Muara Angke, Jakarta Utara, berharap Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tidak melupakan janji mereka membatalkan proyek reklamasi pantura Jakarta. Mereka pun datang ke Balai Kota usai pelantikan Anies-Sandi di Istana Negara.

“Kedatangan kami agar beliau ini tidak lupa janjinya, kata salah satu nelayan dari Muara Angke, Iwan (39) kepada CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Senin (16/10).

Para nelayan itu tak datang sendiri, mereka bakal didampingi aktivis-aktivis tolak reklamasi baik dari lembaga bantuan hukum maupun koalisi masyarakat. Mereka bersama-sama ikut serta menagih Anies-Sandi untuk segera memenuhi janji yang rajin diumbar saat kampenye Pilkada DKI 2017.


Iwan mengingatkan kembali bahwa 'tolak reklamasi' adalah satu dari sekian banyak janji yang digelontorkan Anies-Sandi kepada masyarakat di Pesisir Utara Jakarta dalam masa kampanye. Atas dasar itu, Iwan mengingatkan agar Anies-Sandi menuntaskan apa yang telah dijanjikan. Jika tidak, sambungnya, para pendukung Anies-Sandi di wilayah pesisir akan berdemonstrasi besar-besaran.

“Kalau bohong kami lakukan demo, sama seperti yang dilakukan orang-orang kepada Ahok dulu. Bahkan [demo] ini bisa lebih parah, karena bohongi rakyat. Jangan enaknya saja dong,” kata Iwan.

Anies-Sandiaga resmi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Mei lalu setelah mengalahkan pasangan petahan Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI putaran kedua.

Peringatan Nelayan Jakarta Bagi Anies-Sandi Soal ReklamasiAnies Baswedan dan Sandiaga Uno, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Anies-Sandi bisa mendulang suara rakyat dengan berbagai janji kampanyenya terkait program-program yang disebut bisa membahagiakan masyarakat Jakarta.

Di antara janji-janji itu, Anies juga gencar menyatakan penolakan terhadap mega proyek reklamasi pesisir Utara Jakarta. Bahkan, untuk menolak proyek tersebut, pasangan ini disebut-sebut membuat tim khusus untuk mengaji keseluruhan proyek reklamasi di Utara Jakarta.

Namun, hingga hari ini, saat dirinya akan dilantik, Anies dan Sandiaga tutup mulut akan janji penolakan itu. Di sisi lain, pada 5 Oktober lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan telah resmi mencabut moratorium sejumlah pulau di kawasan tersebut.
[Gambas:Video CNN]