Berkas 13 Parpol Tak Lengkap, KPU Tak Lagi Buka Pendaftaran

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 15:15 WIB
Berkas 13 Parpol Tak Lengkap, KPU Tak Lagi Buka Pendaftaran Komisioner KPU menyatakan proses pendaftaran parpol calon peserta pemilu telah ditutup, dan kini masuk tahap selanjutnya kecuali ada putusan hukum mengikat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak akan membuka kembali masa pendaftaran calon peserta pemilu 2019. Kepastian itu dibuat meski masih ada 13 parpo berkasnya belum lengkap, termasuk dua parpol peserta pemilu 2014, Partai Bulan Bintang dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Parpol yang berkasnya belum lengkap tak bisa lagi mengikuti tahap pendaftaran selanjutnya.

"Pendaftaran selesai 16 (Oktober) dan pemeriksaan dokumen pendaftaran diperpanjang hingga 17 (Oktober), kalau di kami begitu. Tahapan tetap berjalan hingga nanti ada upaya hukum yang mengikat KPU untuk menindaklanjuti," ujar Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi di kantornya, Jakarta, Jumat (20/10).



Pramono mengatakan tak ada perlakuan spesial bagi parpol peserta pemilu 2014 seperti PBB dan PKPI di tahap pendaftaran untuk pemilu mendatang. Semua parpol, kata dia, wajib mendaftar dan melengkapi dokumen pendaftaran andai mau ikut pemilu 2019.

Perlakuan berbeda baru untuk parpol lama dan baru baru dilakukan saat tahap verifikasi faktual. Jika untuk parpol baru akan dilakukan verifikasi faktual di seluruh wilayah Indonesia, partai peserta pemilu sebelumnya hanya diverifikasi di Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi baru.

"Sebelum itu perlakuannya sama. Jika pada satu tahap entah di pendaftaran atau penelitian administrasi parpol apapun tak bisa melewati ya gugur di tengah jalan," ujarnya.


Dilansir dari laman infopemilu.kpu.go.id, 13 parpol yang dokumen pendaftarannya belum lengkap adalah Partai Republik, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Rakyat, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Idaman, PKPI, PIKA, PBB, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Parsindo, PNI Marhaenis, Partai Reformasi, dan Partai Republikan.

Parpol yang berkas pendaftarannya lengkap dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya berjumlah 14. Belasan parpol itu adalah Partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Demokrat dan PKB.