Demo 3 Tahun Jokowi-JK, Mahasiswa Upacara di Tengah Jalan

Tiara Sutari , CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 15:04 WIB
Demo 3 Tahun Jokowi-JK, Mahasiswa Upacara di Tengah Jalan Mahasiswa dan buruh menggelar aksi memperingati tiga tahun Jokowi. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Ratusan mahasiswa ini gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia.

Selain aksi long march dari Patung Kuda menuju Istana Negara, para mahasiswa juga menggelar upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di tengah jalan.

Pantauan CNNIndonesia.com, Jumat (20/10), upacara yang dilakukan mahasiswa itu membuat kemacetan panjang di jalur Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Istana Negara.


Alhasil aksi upacara yag menyebabkan kemacetan itu membuat sejumlah pengendara kendaraan roda empat dan dua hilang kesabaran. Mereka terus menerus membunyikan klakson beramai-ramai meminta para pendemo tidak melakukan aksinya di tengah jalan.

Aparat kepolisian pun hanya berjaga di sepanjang jalan dan mencoba mengurai kemacetan tersebut dengan mengawal para pendemo yang melakukan aksinya di tengah jalan.


Para pendemo ini pun rencananya setelah melakukan upacara dan orasi di Patung Kuda Arjuna akan berjalan kaki menuju depan Istana Merdeka. Mereka berniat menyampaikan langsung tuntuan nawacita yang sebelumnya dijanjikan oleh Joko Widodo saat awal pemerintahannya.

Para peserta aksi dari mahasiswa diperkirakan mencapai 500 orang. Koordinator BEM Seluruh Indonesia, Wildan Wahyu Nugroho menyebut banyak tuntutan yang akan disampaikan kepada Joko Widodo.


"Kita melihat tingginya ketimpangan ekonomi, ini yang paling gagal dari pemerintahan ini," kata Wildan.

Selain mahasiswa, aksi ini juga diikuti dari kalangan buruh, aktivis, dan sejumlah pegiat sosial.