Dukcapil Antisipasi Lonjakan Animo Warga Cetak e-KTP di TMII

Lalu Rahadian , CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 18:31 WIB
Dukcapil Antisipasi Lonjakan Animo Warga Cetak e-KTP di TMII Perbaikan sistem pelayanan e-KTP di TMII akan dilakukan mulai hari ini. Warga dapat mencetak e-KTP jika proses penunggalan data telah dilakukan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri akan memperbaiki sistem pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP di stan mereka yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Perbaikan sistem antrean akan dilakukan mulai Sabtu (21/10). Stan Ditjen Dukcapil di TMII berdiri hingga Minggu (22/10). Warga dapat merekam data kependudukan di sana, serta mencetak e-KTP jika proses penunggalan data telah dilakukan.


"Besok kami ubah sistem antrean. Loket pengambilan nomor dan penyerahan dokumen dipisah dan diperbanyak. Semoga tidak hujan, tadi desak-desakan karena hujan," ujar Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh kepada CNNIndonesia.com, Jumat (20/10).

Sebelumnya, Zudan berkata bahwa tidak semua data hasil perekaman e-KTP bisa langsung dicetak di TMII. Proses penunggalan data harus dilakukan terlebih dahulu, sebelum e-KTP dapat dicetak. Artinya, sambung Zudan, tak ada pencetakan instan e-KTP.


Dirjen Dukcapil akan menambah petugas yang menjaga stan hingga 70 orang. Pendaftaran untuk merekam data dan mengecek data e-KTP akan dibuka hingga esok.

"Untuk hari minggu tidak ada antrean lagi untuk pendaftaran, hari Minggu hanya pengambilan yang daftar Sabtu," katanya.


Menurutnya, Dirjen Dukcapil sebenarnya sudah sering membuka stan layanan e-KTP sejak 2012 silam. Namun, baru kali ini ada stan mereka yang dikunjungi banyak pengunjung dalam satu waktu.