Uji Coba Satu Arah di Melawai Blok M Akan Digelar Sepekan

CNN Indonesia | Selasa, 24/10/2017 18:13 WIB
Uji Coba Satu Arah di Melawai Blok M Akan Digelar Sepekan Ilustrasi petugas dishub memberikan petunjuk kepada pengguna jalan. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalan Melawai yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Rekayasa lalu lintas itu berupa penerapan sistem satu arah (SSA). 

Kepala Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Selatan (Jaksel) Christianto mengatakan, rekayasa lantas terbaru ini akan diuji coba selama sepekan ke depan. Sementara jalur satu arah akan diterapkan di Jalan Melawai Raya. 

Uji SSA itu dilakukan di Jalan Melawai yang memanjang dari Taman Ayodya sampai lampu merah Monalisa atau Menara Sentraya.


“Hari ini uji coba pertama, jadi banyak masyarakat yang belum tahu. Petugas yang ada di lapangan sambil melakukan sosialisasi,” kata Christianto di lokasi, Selasa (24/10).

Warga, sambung Christianto, tidak akan diberi sanksi jika melanggar dalam masa uji coba tersebut. Terkait uji coba ini, Christianto mengatakan, Sudin Perhubungan Jaksel menurunkan 15 personel untuk mengarahkan kendaraan. Sementara Ditlantas Polda Metro Jaya menurunkan 10 personel untuk membantu.

“Dari pantauan saya, jalan Melawai jadi lebih lancar, kalau dua arah kan padat,” kata Christianto.

Selama masa uji coba, Christianto menerangkan, personel di lapangan akan dibagi dalam dua shift kerja. Shift pertama dari pukul 06.00 sampai 14.00 WIB dan shift kedua dari pukul 14.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Penerapan SSA di jalan Melawai bukan hal baru, karena sudah ada sejak lama untuk jalur yang berdampingan dengan kawasan bisnis Blok M. Yakni, dari simpang Panglima Polim Raya hingga jalan Iskandarsyah Raya. Hal itu pun dibenarkan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

“Kecuali Metro Mini,” kata Budiyanto kepada CNNIndonesia.com.

Christanto menyatakan, setelah sepekan pihaknya akan mengevaluasi penerapan SSA yang diperpanjang menjadi seluruh jalan Melawai. Jika uji coba dinilai sukses, sistem itu akan dipermanenkan mulai 1 November 2017.

Penerapan SSA di jalan Melawai ini dilakukan untuk mengurangi titik-titik macet menjelang perhelatan Asian Games pada Agustus 2018. Kawasan Melawai akan dijadikan salah satu lokasi tujuan wisata kuliner dan pusat perbelanjaan bagi para atlet.

Sedangkan bagi angkutan umum yang selama ini melintasi Melawai, akibat SSA ini telah disediakan jalur alternatif.

Untuk angkutan umum Metromini S69, S70, S71, S74, S611, dan Kopaja S608, S609, S613 yang melewati jalan Melawai berputar melalui Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja.

Sementara itu, untuk angkutan umum Metromini S72 dan S610 yang melewati jalan Melawai berputar melalui Jalan Sultan Hasanudin-Jalan Panglima Polim Raya.