Nikita Mirzani Akan Hadirkan Saksi Selain Uus

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 24/10/2017 23:29 WIB
Nikita Mirzani Akan Hadirkan Saksi Selain Uus Selain Uus, Nikita Mirzani bakal mengajukan nama-nama lain yang akan didatangkan sebagai saksi atas laporan dirinya di Polda Metro Jaya. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nikita Mirzani mengajukan komika, Uus, sebagai saksi untuk laporan atas kicauan akun Twitter yang mengatasnamakan dirinya.

Komika bernama lengkap Rizky Firdaus Wijaksana itu pun sudah datang ke Polda Metro Jaya untuk diperiska sebagai saksi bagi Nikita, Selasa (24/10).

“Masih ada satu saksi lagi dari pihak pelapor, kemungkinan Moammar Emka. Dia berteman langsung dengan Nikita di twitter,” kata kuasa hukum Nikita, Aulia Fahmi di Polda Metro Jaya, Jakarta hari ini.


Aulia mengatakan pihaknya mendatangkan saksi-saksi agar kepolisian dapat bekerja lebih cepat untuk mencari dan menindak pelaku penyebar kicauan palsu tersebut. Selain itu, sambungnya, Nikita tak akan berdamai dengan pihak-pihak yang sudah dilaporkan. Pasalnya nama aktris itu dinilai sudah tercemar, bahkan sampai menyangkut ke Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

“Enggak ada [damai]. Kita sampaikan di sini, Nikita tidak akan pernah berdamai dengan Sam Aliano. Proses hukum harus jalan terus,” kata Aulia.


Sam adalah satu dari sejumlah pihak yang dilaporkan Nikita terkait penyebaran kicauan akun Twitter palsu yang mengatasnamakan dirinya.

Selain Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda itu, pihak lain yang dilaporkan adalah Ketua Umum Gerakan Pemuda Anti Komunis Rahmat Himran, Aliansi Advokat Islam NKRI di Sumatera Selatan, pengguna akun instagram PKI_terkutuk65, dan pengguna akun Facebook Aria Dwiyatmo.

Tindakan Nikita itu merupakan 'serangan balik' setelah dirinya dilaporkan sejumlah pihak ke polisi terkait kicauan akun Twitter mengatasnamakan diriya yang berbunyi, "Film G30S/PKI kurang seru, seharusnya Panglima Gatot juga dimasukkan ke Lubang Buaya pasti seru."

Nikita Mirzani Akan Hadirkan Saksi Selain UusUus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (20/10). (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Pertanyaan Penyidik untuk Uus

Terkait pemeriksaan hari ini, Uus mengatakan penyidik melontarkan 13 pertanyaan kepada dirinya. Uus sendiri mengaku sebagai orang yang dihubungi Nikita setelah kicauan palsu tersebut viral.

Saat dikontak Nikita itu, sang komika mengaku memberi saran agar kawannya tersebut melakukan klarifikasi lewat media sosial miliknya. Namun, belum sempat memberi klarifikasi, Nikita justru dilaporkan sejumlah pihak ke polisi.

Uus sendiri mengaku pernah merasakan posisi seperti yang dialami Nikita yakni difitnah melontarkan hal terkait PKI pula. Namun, diklaim Uus, dirinya segera melakukan klarifikasi lewat media sosial bahwa pernyataan viral itu bukan dilakukan dirinya.

Dalam kicauan viral yang mengatasnamakan dirinya, Uus disebut melontarkan pernyataan, “Dari pada nonton G30S PKI lebih baik nonton Miyabi, lebih bermanfaat.”


Uus sendiri menyatakan setelah melakukan klarifikasi lewat media sosial, dirinya tak melaporkan pelaku penyebar fitnah itu.

“Enggak lapor, karena gua udah klarifikasi yaudahlah. Soalnya ini kan mah berarti orang jahat ya, niat udah jahat dari awal, kalau lapor-laporan terus enggak ada yang mau mengalah,” kata Uus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (24/10).

Adapun laporan Nikita atas lima pihak itu diterima dengan nomor LP/4878/X/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 9 Oktober. Nikita melaporkan kelima terlapor dengan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat 1 dan Pasal 29 jo Pasal 45 ayat 3, Pasal 28 ayat 1 jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.