PAN Dukung Deddy Mizwar Jadi Calon Gubernur Jabar 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 25/10/2017 16:23 WIB
PAN Dukung Deddy Mizwar Jadi Calon Gubernur Jabar 2018 PAN resmi mendukung Deddy Mizwar sebagai calon gubernur pada Pilgub Jabar 2018. Pagi sebelumnya, Deddy silaturahmi ke PDI Perjuangan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungannya kepada Deddy Mizwar untuk maju sebagai gubernur di Pilkada Jawa Barat 2018. Deklarasi dukungan itu disampaikan oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan.

“Setelah sering ke Jawa Barat dalam setahun terakhir ini banyak warga yang ketemu saya meminta ke PAN mencalonkan Deddy Mizwar jadi gubernur,” kata Zulkifli di Rumah Makan Raja Sunda, Bandung, Rabu (25/10).

Zulkifli menambahkan, surat keputusan PAN terkait penunjukkan Deddy akan diberikan malam ini. Pimpinan partai akan menindaklanjuti pembahasan ini di Jakarta.



“Formalnya nanti malam langsung rapat di Jakarta. Setelah itu saya datang lagi bawa surat keputusan,” katanya.

Zulkifli mengatakan, PAN tidak bisa berdiri sendiri dalam pencalonan Deddy. Sebab menurutnya, saat ini PAN baru memiliki 4 kursi, sedangkan syarat pencalonan gubernur ialah 20 kursi.

“PAN tidak bisa sendiri, oleh karena itu akan komunikasi dengan teman-teman di koalisi seperti Gerindra, Demokrat agar bersama-sama mendukung Deddy Mizwar,” ujarnya.

Dia mengklaim dukungan kepada Deddy dilakukan tanpa syarat dan ikhlas. Zulkifli menyebut hal ini semata-mata untuk ibadah dan memperjuangkan Jawa Barat yang lebih baik.

Dalam acara itu, Deddy mengaku lega setelah mendapat dukungan PAN. Dia berharap, PAN merealisasikan komitmen untuk segera mengeluarkan surat keputusan bagi dirinya.

“PAN menjadi ice breaking setelah kegaduhan (pencalonan Pilgub) selama dua bulan ini. Saya mendapat kehormatan atas dukungan ini,” ujar Deddy.

“Sesuai Pak Ketum (Zulkifli) jabarkan, bagaimana proses politik antara partai terus menerus sampai hari yang ditetapkan bisa memenangkan kontestasi di Pilgub,” ujarnya.
PAN Dukung Deddy Mizwar Jadi Calon Gubernur Jabar 2018Deddy Mizwar menyampaikan visi misinya pada acara Silaturahmi dan Curah Gagasan DPD PDI Perjuangan di Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Sempat Temui PDIP

Sebelum deklarasi itu, Deddy sempat mengikuti acara silaturahmi yang digelar PDI Perjuangan pada pagi hari ini. Acara yang diselenggarakan PDIP itu terkait Silaturahmi dan Curah Gagasan Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur.

Deddy mengatakan, kehadirannya di acara tersebut sebagai bagian silaturahmi dengan sejumlah bakal calon gubernur/wakil gubernur, baik yang masuk penjaringan maupun masuk radar partai pimpinan Megawati Sukarnoputri.

"Ini bagus, sebuah langkah positif dari beberapa orang yang dianggap potensi menjadi pemimpin Jawa Barat ke depan diundang oleh partai terbesar di Jawa Barat," kata Deddy di Hotel Horison Bandung.

Selain Deddy, sejumlah tokoh juga hadir di acara PDIP di antaranya Soetrisno, Puti Guntur Soekarnoputra, Abdy Yuhana, Iwa Karniwa, Anton Charliyan dan Dedi Mulyadi.

"Kami hanya sharing gagasan dari tokoh-tokoh sehingga ada resume dari isu-isu strategis yang ada di Jawa Barat," tambah Deddy.