Wiranto: Sumpah Pemuda, Sumpah yang Saya Anggap Abadi

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Sabtu, 28/10/2017 10:35 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengganggap sumpah pemuda sebagai sumpah yang abadi, lantaran bisa mempersatukan bangsa. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan sumpah pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober tahun 1928 silam merupakan sumpah abadi.

"Sumpah pemuda ini sumpah yang saya anggap abadi," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jumat (27/10).

Menurutnya, lewat sumpah pemuda ada satu ajakan untuk para pemuda di semua generasi untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

"(Pemuda) harus selalu mengingat dan bisa mengadopsi roh sumpah pemuda di mana ada semangat untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia," tutur Wiranto.


Mantan Menhankam/Pangab itu pun mengajak seluruh pemuda Indonesia dari semua generasi untuk menjadikan momentum sumpah pemuda sebagai upaya merawat kebhinekaan Indonesia.

"Kita harus merawat persatuan Indonesia dalam kebhinekaan itu, semangat itu," ujar Wiranto.

Sumpah Pemuda memang menjadi salah satu bagian penting dari sejarah Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Para pemuda kala itu menggelar sebuah kongres selama dua hari, dari tanggal 27-28 Oktober 1928. Dari kongres tersebut akhirnya menghasilkan sebuah keputusan yang disebut sebagai Sumpah Pemuda.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK