FOTO: Buruh Tagih Janji UMP DKI ke Anies-Sandi

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Jumat, 10/11/2017 20:54 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Buruh mendesak PP tentang pengupahan dicabut dan UMP DKI Jakarta 2018 direvisi. Buruh juga menilai Anies-Sandi telah mengingkari janji mereka soal UMP.

Ratusan massa buruh menggelar unjuk rasa di Balai Kota DKI menuntut revisi upah minimum provinsi DKI Jakarta 2018, Jumat (11/10). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Buruh kecewa dengan UMP DKI Jakarta 2018 yang ditetapkan sebesar Rp3,64 juta, jauh di bawah harapan mereka sebesar Rp3,9 juta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Balai Kota DKI Jakarta jadi sasaran demo karena mereka menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno ingkar janji. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Mereka menyebut Anies-Sandi berbohong dan mengingkari kontrak politik dengan buruh dengan menetapkan UMP DKI Jakarta di bawah harapan mereka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Karena itulah, buruh menyatakan mencabut mandat mereka pada Anies-Sandi sebagai pemimpin DKI Jakarta.  CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Ratusan buruh yang berunjuk rasa bukan hanya datang dari Jakarta, mereka juga berasal dari Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Cirebon. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain di Balai Kota, buruh juga menggelar aksi di Istana Merdeka. Tuntutan mereka secara umum adalah mendesak pemerintah mencabut PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Buruh mendesak PP nomor 78/2015 dicabut, UMP DKI Jakarta direvisi dan harga listrik dan kebutuhan pokok diturunkan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Massa buruh sempat mengancam akan menginap di Balai Kota jika tuntutan mereka tak dipenuhi. Hingga batas waktu yang ditentukan pukul 18.00 WIB, buruh masih bertahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Polisi sempat mengerahkan kendaraan taktis baracuda dan meriam air untuk mengantisipasi buruh yang tak mau membubarkan diri, namun buruh bergeming. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Setelah diultimatum Kapolres Jakarta Pusat, buruh baru bersedia membubarkan diri sekitar pukul 10.50 WIB. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)