Megawati Pilih Wayan Koster karena Pernah Jadi Anggota DPR

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Sabtu, 11/11/2017 14:52 WIB
Megawati Pilih Wayan Koster karena Pernah Jadi Anggota DPR Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur Bali 2018, yaitu pasangan I Wayan Koster dan Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasan memilih I Wayan Koster sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Bali 2018.

Menurut Megawati, salah satu alasannya adalah latar belakang Koster yang pernah menjadi anggota dewan selama tiga periode.

"Kalau mau jadi pemimpin dan nantinya eksekutif, paling tidak dia harus jadi anggota DPR. Apakah tingkat dua, satu atau DPR pusat," kata Megawati dalam pidatonya di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (11/11).
Sebab, kata Megawati, dengan menjadi anggota dewan, maka dia akan bermitra dengan pemerintah, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.


"Orang boleh mengatakan saya bisa, ya boleh bisa, tapi lebih baik pernah (menjadi anggota DPR)," ujarnya.

Selain itu, dengan latar belakang anggota dewan, maka seorang calon pemimpin daerah juga telah mengerti aturan perundangan-undangan dan tata kelola pemerintahan.

PDIP resmi mencalonkan Wayan Koster sebagai bakal calon gubernur Bali periode 2018 hingga 2023.

Saat ini, Wayan dikenal sebagai anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (RI). Wayan lahir di Singaraja tanggal 20 Oktober 1962. Dia memulai pendidikan dasar di Bali sebelum akhirnya melanjutkan perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selepas menamatkan jenjang universitas, ia kemudian melanjutkan kiprah di dunia pendidikan.

Tercatat, ia pernah menjadi peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan antara tahun 1988 hingga 1944.
(ugo/ugo)