Jokowi Apresiasi TNI-Polri Pembebas Sandera di Papua

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 20/11/2017 14:56 WIB
Jokowi Apresiasi TNI-Polri Pembebas Sandera di Papua Presiden Joko Widodo berterima kasih kepada anggota TNI-Polri yang telah membebaskan sandera di Tembagapura, Mimika, Papua. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada satuan tugas gabungan TNI dan Polri yang telah mengevakuasi warga sipil di Kampung Kimbely dan Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Ribuan warga sipil di Banti dan Kimbely sebelumnya terisolasi karena intimidasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Saya berterima kasih sebesar-besarnya atas nama rakyat kepada TNI-Polri telah membebaskan sandera tanpa cedera satupun masyarakat di sana," kata Jokowi di Balai Kartini, Senin (20/11).

Pada Sabtu (18/11), jumlah warga yang dievakuasi dari Desa Banti, Tembagapura, Mimika mencapai 347 orang, 23 di antaranya anak-anak. Mereka dievakuasi ke Sport Hall di Mile 66 Tembagapura. Rencananya, hari ini, Satgas akan kembali mengevakuasi ratusan warga dari Tembagapura ke Timika.



Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, warga asli Papua yang berada di kampung Banti awalnya enggan untuk dievakuasi. Namun, mereka akhirnya bersedia untuk dievakuasi.

Sementara, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, keberhasilan pembebasan sandera tak bisa dilepaskan dari kedisiplinan personel TNI dan Polri dalam menjalankan fungsi dan tugas dalam kerjasama menyelesaikan operasi tersebut.

Kata Jenderal TNI bintang empat itu, prajurit TNI berbagi tugas dengan dan polisi dalam melakukan operasi senyap di Desa Banti dan Kimbely, Tembagapura itu.

Saat ini, kondisi di Desa Banti dan Kimbeli berangsur normal. Jalan-jalan yang sebelumnya rusak akibat digali dengan alat berat oleh anggota KKB mulai diperbaiki. Alat berat jenis Buldoser yang dibakar oleh KKB juga telah disingkirkan. Buldoser tersebut sempat menghalangi jalan dari Tembagapura menuju Desa Banti.

(ugo/gil)