Rumah DP Rp0 Dibangun di Pondok Kelapa Berbentuk Apartemen

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Selasa, 21/11/2017 21:58 WIB
Rumah DP Rp0 Dibangun di Pondok Kelapa Berbentuk Apartemen Ilustrasi pembangunan rumah susun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumah dengan uang muka (DP) Rp0 akan dibangun di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Lahan seluas 1,3 hektare disediakan untuk membangun rumah yang jadi janji kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno ini.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, mengatakan, pembangunannya diperkirakan dimulai pada awal tahun depan.

Lahan ini akan disediakan oleh PD Pembangunan Sarana Jaya sebagai badan usaha milik daerah DKI Jakarta. 
“Kami sebagai BUMD wajib hukumnya untuk mendukung program daripada Pemprov DKI Jakarta. Khususnya Sarana Jaya ini kan dalam hal penyediaan hunian buat masyarakat menengah bawah," kata Yoory di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).


Lahan di Pondok Kelapa itu akan digunakan untuk membangun percontohan rumah DP Rp0. Yoory juga memastikan hunian itu nantinya akan dibangun dengan sistem vertikal. Untuk proyek awal pihaknya akan membangun sebanyak dua tower yang terdiri dari 700 unit.

"(Bentuknya) apartemen, harus. Kalau di Jakarta ini kan nggak bisa landed lagi, tanahnya terbatas. Jadi harus vertical housing," kata dia.
Namun, terkait anggaran untuk membangun hunian itu, Yoory masih enggan mengungkapkan lebih jauh. Yang pasti kata dia, bangunan tersebut akan menggunakan dana dari BUMD yang dipimpinnya saat ini. 

“Masih bisa mengandalkan anggaran kami sendiri, tanpa PMD (penanaman modal daerah). Karena kan selama ini BUMD di-support oleh Pemprov. Sekarang sudah mampu untuk tahap saat ini," kata Yorry. (sur)