Khofifah-Emil Dardak Resmi Terima Rekomendasi dari Golkar

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Rabu, 22/11/2017 12:41 WIB
Khofifah-Emil Dardak Resmi Terima Rekomendasi dari Golkar DPP Partai Golkar resmi merekomendasikan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak maju Pilgub Jatim 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- DPP Partai Golkar resmi merekomendasikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Khofifah dan Emil datang terpisah. Khofifah disambut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Sarmuji, sementara Emil datang seorang diri sebelum diberikan rekomendasi.

Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Golkar Idrus Marham mengatakan rekomendasi yang diberikan Golkar setelah melalui proses musyawarah yang telah dilakukan kiai dan alim ulama se-Jawa Timur.


"Atas nama DPP Golkar, menyerahkan kepada pasangan calon surat keputusan ini Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur dan saudara Emil Elistianto Dardak sebagai calon wakil gubernur," kata Idrus di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu (22/11).


Khofifah mengucapkan terima kasih kepada DPP Golkar melalui Idrus Marham selaku ketua umum yang menyerahkan secara resmi rekomendasi.

"Golkar memberi support yang luar biasa, perwakilan kiai yang hadir, tokoh pesantren di Jawa Timur. Perwakilan kiai dan pesantren menyerahkan ke DPP Golkar hasil musyawarah ulama pengasuh pondok pesantren mengusulkan kami direkomendasikan dalam musyawarah itu kepada Ketum DPP Golkar," kata Khofifah.

"Artinya bahwa jikalau hari ini kami hadir, merupakan panggilan dr kiai, ini proses yg panjang dan berjenjang," lanjutnya.


Sebelumnya, Khofifah-Emil juga sudah resmi diusung Partai Demokrat. Berdasarkan hasil rapat Majelis Tinggi dan foto yang beredar di kalangan wartawan, Khofifah-Emil mendapat surat rekomendasi dengan didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur Jawa Timur saat ini, Soekarwo.

Dengan demikian, terdapat lima partai politik yang mendukung Khofifah. Tiga partai yang sudah resmi adalah Demokrat, Golkar, dan, NasDem. Sedangkan PPP dan Hanura baru menyatakan dukungannya. Kelima partai itu jika dijumlahkan memiliki total 35 kursi legislatif di Jawa Timur. (gil/gil)