Maju Pilgub Jatim, Khofifah Segera Kirim Surat ke Jokowi

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Rabu, 22/11/2017 13:56 WIB
Maju Pilgub Jatim, Khofifah Segera Kirim Surat ke Jokowi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada Presiden Joko Widodo tentang keikutsertaannya pada Pilgub 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan segera membuat surat tertulis kepada Presiden Joko Widodo terkait pencalonannya sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018.

"Saya akan segera menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada bapak presiden bahwa amanat mandat yang beliau percayakan kepada kami sebagai Menteri Sosial," kata Khofifah di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu (22/11).

Khofifah menyatakan surat itu merupakan pemberitahuan bahwa dia sudah didukung secara resmi dua partai yaitu Demokrat dengan 13 kursi dan Golkar 11 kursi atau memiliki jumlah 24 kursi legislatif di Jawa Timur.


"Artinya itu sudah bisa dijadikan prasyarat untuk mendaftarkan kepada KPUD," ujarnya.


Khofifah mengatakan, setelah Demokrat dan Golkar, partai politik yang bakal secara resmi menyerahkan rekomendasi pencalonannya adalah PPP.

Sedianya dukungan itu akan diberikan hari ini, namun urung dilakukan karena Khofifah akan melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat malam ini.

Khofifah menjelaskan, pencalonannya dengan Emil membutuhkan proses yang panjang dan berjenjang. Setelah melalui musyawarah para kiai, ulama, tokoh masyarakat dan pengasuh pondok pesantren di Jawa Timur.

"Sampailah akhirnya para perwakilan pengasuh pondok pesantren ulama Kyai dan tokoh masyarakat di Jawa Timur mengambil keputusan untuk mengusulkan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur Jawa Timur dan Emil Dardak sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur itu prosesnya panjang," katanya.

DPP Partai Golkar sebelumnya resmi merekomendasikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Golkar Idrus Marham mengatakan rekomendasi yang diberikan Golkar setelah melalui proses musyawarah yang telah dilakukan kiai dan alim ulama se-Jawa Timur.

"Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim atas nama DPP Golkar menyerahkan kepada pasamgam calon surat keputusan ini Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur dan saudara Emil Elistianto Dardak sebagai calon wakil gubernur," kata Idrus.

(ugo/gil)