Pemprov DKI Kucurkan Dana Hibah untuk Menwa dan Laskar

Tiara Sutari , CNN Indonesia | Rabu, 22/11/2017 14:42 WIB
Pemprov DKI Kucurkan Dana Hibah untuk Menwa dan Laskar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah akan memberikan dana hibah untuk Menwa dan Laskar Merah Putih. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan dana hibah pada 104 badan atau organisasi yang ada di Jakarta. Salah satu organisasi yang akan menerima hibah dari pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah Resimen Mahasiswa (Menwa).

Total dana yang akan dihibahkan yakni Rp1,7 triliun sesuai angka yang dikutip dari situs apbd.Jakarta.go.id. Menwa sendiri akan menerima dana Rp1 miliar. Organisasi lain, seperti Laskar Merah Putih menerima dana Rp500 juta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut alasan pemberian dana hibah ke Menwa salah satunya karena organisasi tersebut telah memastikan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati. Menwa merupakan organisasi mahasiswa yang mendapat pelatihan militer di kampus.


"Menwa itu untuk bangun rasa bela negara, rasa patriotisme dari kalangan mahasiswa, rasa untuk memastikan persatuan dan kesatuan NKRI harga mati untuk Menwa," kata Sandi, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (22/11).

Dia menyebut tak akan serta merta membiarkan dana tersebut dikelola tanpa pertanggungjawaban oleh pihak penerima. Sandi akan memastikan dana hibah yang diberikan tersebut nantinya digunakan secara efektif, di antaranya untuk menciptakan lapangan kerja serta pendidikan berkualitas.

"Nanti kita lihat anggaran-anggaran ini bisa juga difokuskan efektifitasnya untuk ciptakan lapangan kerja dan pendidikan yang tuntas dan berkualitas," kata dia.


Selain Menwa, penerima lain yang disinggung Sandi adalah Laskar Merah Putih yang mendapat hibah sebesar Rp500 juta. Alasan pemberian dana yang cukup fantastis ini menurut Sandi, karena Laskar Merah Putih merupakan laskar yang berjuang untuk membela negara.

"Kalau untuk Laskar Merah Putih saya rasa untuk semua kalau kita buka dada kita kan semua merah putih. Jadi ini laskar yang saya perkirakan, keputusan yang lalu adalah sebagai laskar yang membela merah putih," ujarnya.

Oleh karena itu, Sandi akan memastikan kegiatan laskar tersebut berpengaruh untuk persatuan warga Jakarta.


"Nanti kita lihat kegiatannya dan saya datang kita pastikan persatuan di antara seluruh warga Jakarta," ujarnya. (pmg/gil)