Sandi Ingin Jadikan Dewi Perssik Duta Tertib Jalur Busway

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Senin, 27/11/2017 14:20 WIB
Sandi Ingin Jadikan Dewi Perssik Duta Tertib Jalur Busway Sebagai artis papan atas, menurut Sandiaga Uno, Dewi Persik berpotensi menjadi duta lalu lintas. (Detikcom/Noel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berniat menjadikan biduan Dewi Perssik sebagai Duta Tertib Jalur Busway.

Ide mengangkat Dewi Persik sebagai Duta Tertib Jalur Busway, dikatakan Sandi muncul setelah dirinya mendengar perseteruan antara artis yang karib disapa DP itu dengan salah satu petugas busway, Jumat pekan lalu.

“Mbak Dewi Perssik ini kan selebritas, papan atas, malah mungkin bisa jadi duta untuk kepatuhan lalu lintas di Ibu Kota,” ujar Sandi di Balai Kota, Jakarta, Senin (26/11).



Perseteruan antara Dewi dengan petugas penjaga pintu jalur busway diduga terjadi karena mobil yang ditumpangi Dewi mencoba menerobos jalur busway yang dilalui bus Transjakarta.

Pihak TransJakarta mengungkapkan kendaraan Jaguar bernopol B 12 DP milik Dewi diadang petugas saat hendak menerobos jalur busway.

Sementara Humas Transjakarta, Wibowo mengatakan berdasarkan laporan yang ia terima, pengemudi mobil penyanyi dangdut itu juga mengeluarkan perkataan kasar kepada petugas.

Sandi menyebut cekcok itu akibat miskomunikasi dan bisa diselesaikan dengan memperbaiki pola komunikasi kedua pihak. Setelah masalah ini selesai, Dewi bisa langsung dinobatkan sebagai Duta sesuai keinginannya.

“Saya tadi udah minta ini diselesaikan, Dengan kasus ini nanti Mbak Dewi Perssik bisa langsung dinobatkan sebagai Duta Tertib Busway, Duta Tertib TransJakarta Lane,” kata Sandi.


Lebih lanjut Sandi pun menyinggung penggunaan jalur busway yang sering diserobot kendaraan pribadi. Dia mengatakan, selama ini memang tak ada yang berhak melalui jalur khusus tersebut.

“Gubernur saja tidak boleh, yang boleh kan itu paling Presiden dan Wakil, juga Menteri terkait, atau kendaraan dalam keadaan emergency,” kata Sandi.

Pernyataan Sandi itu senada dengan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah yang mengatakan bahwa jalur busway sepenuhnya hanya untuk Transjakarta, bukan mobil pribadi. Hanya ada kendaraan-kendaran tertentu yang bisa menggunakan jalur tersebut.

"Kalau dia (Dewi Perssik) memakai mobil pribadi, tahu dari mana kalau dia sakit," ujar Andri saat ditemui di Jakarta, pada Minggu (26/11).

"Kalau pakai ambulans boleh. Dari awal kami bilang bahwa jalur busway enggak boleh untuk yang lain-lain, khusus TransJakarta, bisa juga untuk jalur evakuasi dalam keadaan darurat," tambah dia. (wis/gil)


BACA JUGA