Istana Belum Tahu Isi Surat Khofifah ke Jokowi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 18:58 WIB
Istana Belum Tahu Isi Surat Khofifah ke Jokowi Mensesneg Pratikno belum mengetahui isi surat yang dikirimkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ke Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Istana menyatakan telah menerima surat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo. Namun, Istana menyatakan belum mengetahui isi surat tersebut.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, surat Khofifah itu telah ditandai sebagai surat pribadi. Diketahui, segala macam surat menyurat yang ditujukan kepada Presiden akan diterima dan melalui Pratikno terlebih dahulu.

"Di covernya ada tulisan rahasia pribadi jadi kami tidak utak-atik," tutur Pratikno di Istana Negara, Selasa (28/11).


Pratikno bercerita, awalnya Khofifah berniat mengantarkan surat itu langsung kepada Jokowi. Namun, hal itu terhambat waktu. Surat yang diduga terkait rencana Khofifah maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur itu diantarkan ke Kementerian Sekretariat Negara melalui staf.

Khofifah menyatakan, ia tidak bisa mengantarkan langsung karena sedang rapat terkait dinamika erupsi Gunung Agung di Bali. Sementara itu, sejak pekan lalu hingga kemarin, Jokowi kunjungan kerja ke Malaysia, Lombok, dan Sumatera Utara.
Pratikno menuturkan, ia tidak bisa menyampaikan hal yang terjadi setelah surat itu dikirimkan. Menurutnya, perkembangan bisa dilihat sesudah Jokowi melihat isi surat itu.

"Kami tunggu isi suratnya. Setelah itu, Pak Presiden akan menanggapi," ucapnya.

Khofifah, kata Pratikno, meminta waktu agar bisa bertemu Jokowi untuk menjelaskan langsung surat yang diduga berisikan keinginan maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Belum sempat kami jadwalkan sampai sore. Mungkin kami upayakan besok," ujar Pratikno.

Sejak pagi, Jokowi sudah beraktivitas di Bogor dengan menerima Perdana Menteri Denmark. Sementara sore ini, Presiden menerima Forum Kerukunan Umat Beragama, dan malam nanti acara bersama Bank Indonesia di Senayan.
(gil)