Gubernur Anies Siapkan Pergub Hari Libur Deepavali

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Minggu, 03/12/2017 01:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera membuat Peraturan Gubernur (Pergub) untuk mengatur ketentuan libur bagi umat Hindu di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera membuat Peraturan Gubernur (Pergub) untuk mengatur ketentuan libur bagi umat Hindu di Jakarta yang merayakan hari raya Deepavali atau Diwali.

"Kami di Jakarta Insya Allah kita akan menyiapkan pergub libur fakultatif untuk merayakan libur bersama-sama," kata Anies saat menghadiri Malam Seni dan Budaya Deepavali Nasional 5119 tahun 2017 di Jakarta, Sabtu (2/12).

Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Gubernur Sandiaga Uno, dan Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Hashim Djojohadikusumo.


Arti fakultatif, kata Anies, bukanlah libur umum, melainkan libur pilihan. Dengan demikian, umat Hindu yang bekerja di Jakarta boleh mengambil atau tidak mengambil 'jatah libur' tersebut.

"Dengan adanya aturan itu, maka mereka akan bisa merayakan bersama keluarga," kata Anies. Tahun depan, lanjutnya, Deepavali akan jatuh pada bulan Oktober.

Anies beralasan, Deepavali adalah sebuah perayaan hari besar yang utamanya dirayakan oleh umat Hindu beretnis India yang jumlahnya Indonesia, terutama di Jakarta cukup besar.

Selama ini, belum ada peraturannya untuk hari libur fakultatif Deepavali. Alhasil, saat hari besarnya, kata Anies, justru mereka bekerja.

"Dan kami akan menyiapkan sebuah peraturan untuk umat Hindu beretnis India agar bisa merayakan hari raya Deepavali bersama keluarga," kata Anies.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu ingin menciptakan ibu kota sebagai kota yang ramah untuk ditinggali semua penduduk beragama apapun. “Kami ingin semua merasa seperti berada di rumah sendiri. Jakarta adalah tempat tinggal mereka, tempat berkarya mereka, tempat keluarga ditumbuhkan dan kami apresiasi sekali,” kata Anies.

Deepavali sendiri adalah hari raya nasional terbesar dan termegah di India. Tidak hanya di India saja, warga India di seluruh dunia juga turut serta dalam Festival Cahaya ini.

Perayaan yang dilaksanakan lima hari berturut-turut ini sangat penting bagi kaum Hindu. Acara ini juga menandai tahun baru untuk memulai bisnis bagi para warga India di seluruh dunia. (ded/ded)