Anies-Sandi Akan Bergantian Dinas di Kepulauan Seribu

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Senin, 04/12/2017 12:42 WIB
Kunjungan kerja akan dimulai dari Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan Pulau Pari. Beberapa pulau memiliki populasi lebih banyak dan memerlukan perhatian tinggi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan, dirinya akan bergantian dengan Gubernur Anies Baswedan untuk berkantor di Kabupaten Kepulauan Seribu. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan, dirinya akan bergantian dengan Gubernur Anies Baswedan berkantor di Kabupaten Kepulauan Seribu. Secara teknis, pergantian itu dilakukan selama satu bulan sekali.

"Terakhir Pak Anies yang sudah berkunjung dan next (berikutnya) saya. Jadi ganti-gantian saja kami berkunjung dan berkantor di Kepulauan Seribu," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/12).

Kunjungan akan dimulai dari Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan Pulau Pari. Sandi mengatakan, ada beberapa pulau yang populasinya lebih banyak sehingga memerlukan tingkat perhatian yang tinggi dari Pemprov DKI Jakarta.



"Jadi nanti setiap bulannya kami akan memastikan bahwa Pemprov punya perhatian khusus kepada teman-teman yang ada di Kepulauan Seribu," kata Sandi.

Meski begitu, Sandi tak ingin rencana kerjanya di Kepulauan Seribu semata-mata hanya disebut sebagai kunjungan. Sebab, dirinya akan membawa serta dinas-dinas terkait untuk menganalisis permasalahan sentral di sana.

"Kalau yang cuma berkunjung itu enggak efektif, tapi harus ada agenda-agenda yang kita bahas yang kita putuskan di sana, khusus yang berkaitan dengan Kepulauan Seribu," kata Sandi.


Sejak masa kampanye, Anies-Sandi banyak mengumbar janji ketika berkunjung ke Pulau Seribu. Ia berjanji, akan menambah jumlah dokter gigi dan ambulans apung di kabupaten itu.

Hingga 2015, hanya ada sembilan puskesmas yang tersebar di Pulau Sebira, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Tidung Besar, Pulau Payung, Pulau Lancang, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

Selain itu, terdapat pula satu rumah sakit umum daerah di Pulau Pramuka serta dua rumah sakit bersalin di Pulau Tidung Besar dan Pulau Kelapa.


Lebih dari itu, Anies juga menjanjikan pengadaan 30 kapal transportasi baru. Ia pun menyebut pembangunan dua SMK pariwisata dan perikanan sebagai janji kampanyenya. (pmg/pmg)