Datangi Balai Kota, Rhoma Irama Kembali Nasihati Anies-Sandi

Mesha Mediani , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 15:21 WIB
Datangi Balai Kota, Rhoma Irama Kembali Nasihati Anies-Sandi Pedangdut Rhoma Irama kembali menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/12) untuk memberikan ceramah keagamaan. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda dangdut Rhoma Irama kembali berceramah di Masjid Fatahillah, kompleks Balai Kota DKI Jakarta. Pria berusia 70 tahun itu juga memberikan nasihat khusus kepada Gubernur DKI Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno.

Di Masjid Fatahillah, Rhoma menyampaikan tausiyah di hadapan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov DKI, dalam rangka peringatan maulid nabi bertemakan "Melayani dengan Akhlaqul Karimah".

Rhoma dalam ceramahnya mengingatkan agar para jemaah selalu taat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Dia juga berpesan agar jemaah selalu mengedepankan kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup setiap menentukan pilihan.

"Mau bekerja di PNS (pegawai negeri sipil) tanya Quran, mau kawin, mau cerai, mau kawin lagi, tanya Quran," kata Rhoma yang disambut tawa beberapa jamaah.

Kedatangan Rhoma di Masjid Fatahillah merupakan yang kedua kali sejak Anies-Sandi resmi memimpin ibu kota. Kehadirannya itu sebagai wujud kebahagiaan karena jagoannya menang dalam Pilkada DKI 2017.

Materi lain dalam ceramahnya hari ini adalah mengingatkan agar jamaah senantiasa menjaga akhlak mulia kepada Allah, serta berakhlak baik kepada hewan dan tanaman.

Ditemui usai beribadah, Rhoma hanya berujar singkat soal maksud kedatangannya.

"Ya, kita saling menasihati, saling mendoakan, saling menasihati bukan menggurui," ujarnya.

Rhoma tak menjawab saat ditanya apakah kehadirannya berdasarkan undangan Anies dan Sandiaga. Namun, saat ditanya apa nasihatnya untuk Anies-Sandi, dia cepat menjawab, "Siddiq, tabligh, amanah, fathonah." 


Keempat hal yang ia sebutkan adalah sifat Rasulullah. Dalam bahasa Arab, siddiq artinya berkelakuan dan bertutur kata baik, amanah artinya benar-benar dipercayai, tabligh artinya menyampaikan, dan fathonah artinya bijaksana.

Anies-Sandi diharapkan memiliki sifat-sifat itu.

Usai berceramah, Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) itu didampingi oleh Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat DKI Jakarta Catur Laswanto, dan beberapa SKPD lainnya menuju Gedung Blok G Balai Kota.

[Gambas:Video CNN]
(wis/djm)