Mentan Gandeng KPK Cari Solusi bagi Petani Kelapa Sawit

Feri Agus , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 03:53 WIB
Mentan Gandeng KPK Cari Solusi bagi Petani Kelapa Sawit Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengatakan pihaknya bersama KPK sedang mencari solusi bagi petani kelapa sawit terkait persoalan lahan yang berada di tengah hutan produksi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pihaknya bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mencari solusi bagi petani kelapa sawit terkait persoalan lahan yang berada di tengah hutan produksi. 

Amran mengatakan, sekarang ini masih banyak area plasma kelapa sawit milik masyarakat yang berada di area hutan produksi. 

"Ada plasma yang berada di kawasan hutan produksi. Ini kita akan carikan solusi yang terbaik untuk masyarakat, untuk pentani sawit seluruh Indonesia," kata Amran di gedung KPK, Jakarta, Kamis (7/12).
Amran menyatakan, pembahasan ini turut melibatkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Keuangan.

Menurut dia, semua ini dilakukan karena pihaknya juga ingin mendorong peningkatan produksi kelapa sawit. 

"Intinya pemerintah ingin melakukan perbanding karena ada untuk meningkatkan produksi yang ada selama ini, khususnya untuk masyarakat," tuturnya. 
Amran menyebut, pihaknya juga sudah mengetahui tentang Kajian Sistem Pengelolaan Komoditas Kelapa Sawit 2016 yang dikeluarkan oleh KPK. Khusus untuk kementeriannya, kata Amran, akan fokus pada permasalahan petani. 

"Domain kami membahas petani. Ini bagaimana bisa kita selesaikan persoalanya yang berada di hutan produksi kelapa sawit," kata dia. (has)