Usung Sudirman Said, Prabowo Kembali Lirik PKS dan PAN

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Rabu, 13/12/2017 18:10 WIB
Gerindra mengupayakan dengan PKS dan PAN di Pilgub Jateng, seperti mereka lakukan di Pilkada DKI Jakarta saat memenangkan Anies Baswedan-Sandiaga. Prabowo Subianto (tengah) menyatakan partainya terus menjalin komunikasi dengan PKS dan PAN agar bisa berkoalisi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengisyaratkan bakal kembali menjalin koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional di pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018.

Hal itu disampaikan Prabowo usai menetapkan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah.

"Partai-partai pengusung, terus terang saja kami sudah konsultasi sangat dekat sangat erat dengan teman-teman dari PAN dan PKS," kata Prabowo di kediamannya, Kertanegara, Jakarta, Rabu (13/12).


Di Jawa Tengah, Gerindra memiliki 11 kursi DPRD, diikuti PKS dengan 10 kursi dan PAN 8 kursi. Jika digabungkan, maka total 29 kursi telah dikantongi ketiganya sebagai syarat mencalonkan kepala daerah.

Prabowo berharap, bakal calon pendamping Sudirman merupakan sosok yang berkapasitas di bidang kepemimpinan dan terpenting, tidak korupsi.

"Kami juga memberi tugas kepada calon gubernurnya harus orang yang beliau cocok juga agar kerja samanya baik," kata Prabowo.

"Seperti kita lihat di DKI kan sangat cocok ya. Harmonis gitu, tango! Cool calm and confident," lanjutnya.


Sudirman mengaku belum memikirkan soal bakal calon pasangannya. Menurutnya, ada opsi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono untuk mendampinginya, namun tergantung partai koalisi.

Merespons opsi tersebut, Ferry menyerahkan sepenuhnya kepada Sudirman sambil menyatakan bakal memberikan dukungan sepenuhnya kepada Sudirman dan pasangannya agar dapat memberikan perlawanan di Jawa Tengah.

"Mandat pada SS mencari wakilnya secara singkat dan seksama. Saya serahkan semuanya pada Pak SS," ujar Ferry.

Sudirman mengatakan, kriteria yang diperlukan sebagai pendampingnya adalah kecocokan, integritas, kredebilitas dan elektibilitas, serta basis massa yang kuat.

"Tapi akhirnya nanti kembali pada kesepakatan partai-partai koalisi," ujar mantan Direktur Utama PT Pindad tersebut. (wis/gil)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK