Anies Undang Warga DKI Uji Emisi, Biaya Gratis Hari Ini

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Minggu, 17/12/2017 14:36 WIB
Anies Undang Warga DKI Uji Emisi, Biaya Gratis Hari Ini Uji emisi kendaraan bermotor gratis dilakukan di area Bundaran Patung Ondel-ondel Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, hingga pukul 15.00 WIB. (CNN Indonesia/Mesha Mediani).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang seluruh warga ibukota yang memiliki kendaraan bermotor untuk melakukan uji emisi gratis hari ini, di area Bundaran Patung Ondel-ondel, Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12). 

Kegiatan uji emisi gratis ini hanya berlangsung sampai jam 15.00 WIB nanti dan berlaku untuk kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

"Kendaraan bermotor silahkan datang. Sambil bawa keluarga hari Minggu, mampir ke sini gratis dan bilang, saya bukan penyumbang polusi udara Jakarta,” ujarnya di lokasi pagi tadi, seraya menunjukkan bukti surat lulus uji emisi.

Anies mengatakan, salah satu kontributor terbesar terhadap pencemaran udara di ibukota adalah kendaraan bermotor. Oleh karena itu, ia berharap, warga Jakarta mau melakukan uji emisi secara berkala dan memastikan tidak melampaui ambang batas.

Kesempatan untuk mengukur gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin tersebut tidak disia-siakan Anies untuk mengecek mobil pribadinya yang berjenis MPV.

"Tadi saya mencoba uji emisi kendaraan saya, ambang batasnya 40 persen HSU, Ketika diuji hasilnya 5,9. Jadi, jauh di bawah ambang batas," kata Anies.

Menurut dia, udara Jakarta di awal tahun selalu tampak lebih bersih dan langitnya biru karena minimnya jumlah kendaraan bermotor yang keluar.

Setiap harinya di luar musim liburan, ada 13 juta kendaraan bermotor roda dua dan tiga juta kendaraan roda empat melintas di Jakarta. Padahal, penduduknya hanya 10 juta.

"Ini bukan karena bulan Syawal atau Januarinya, tetapi karena penduduknya sedang pada keluar atau tidak banyak berkegiatan," tutur Anies.

Ia juga berharap, warga Jakarta makin menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup. Ditegaskan, melakukan uji emisi bukan sekadar mentaati aturan, tetapi soal perlindungan atas lingkungan dan lingkungan hidup.

"Ini tempat kita menghirup udara, mendapatkan air, dan berkegiatan," imbuh Anies. (bir)