Polisi Siapkan 93 Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru Jakarta

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 18:29 WIB
Polisi Siapkan 93 Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru Jakarta Ilustrasi pengamanan natal dan tahun baru. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menyiapkan sebanyak 93 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan di sejumlah titik yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pos pengamanan itu akan disiapkan selama pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 yang berlangsung sejak 21 Desember hingga 2 Januari 2018.

"Dari pelaksanaan lilin jaya nanti kami menyiapkan 93 Pos Pam (pengamanan) dan 22 pos pelayanan di seluruh Jakarta. Nantinya pos akan ada di jalur-jalur (ruas tol), kawasan pertokoan, di dekat tempat wisata dan di dekat tempat ibadah," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (19/12).



Argo mengatakan, ada dua hal yang diantisipasi dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, yakni aksi sweeping dan terorisme.

Argo menegaskan, kepolisian melarang sweeping dalam bentuk apapun. Aksi tersebut dinilai dapat memicu dan merusak suasana Natal bagi masyarakat yang merayakan.

"Jangan sampai ada sweeping, dan jangan sampai ada teroris yang kami jaga di situ," tuturnya.


Argo mengatakan, gelar pasukan Operasi Lilin akan dilakukan pada 21 Desember mendatang di Lapangan Lantas Polda Metro Jaya. Seluruh pihak yang masuk dalam operasi tersebut akan berkumpul dan mendapat penugasan masing-masing.

Dalam gelar pasukan tersebut, kepolisian turut melibatkan satuan TNI, Dinas Perhubungan, pihak Jasa Marga, serta Kementerian Kesehatan. (gil)