Anies Masih Temukan Tukang Ojek Mangkal Sembarangan

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Jumat, 22/12/2017 12:10 WIB
Anies Masih Temukan Tukang Ojek Mangkal Sembarangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Stasiun Tanah Abang sekitar pukul 09.55. Kedatangannya menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Kebayoran Lama itu guna meninjau langsung penataan kawasan Tanah Abang yang dimulai hari ini, Jumat (22/12). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau langsung penataan kawasan Tanah Abang, Jumat (22/12). Dia datang menggunakan kereta rel listrik (KRL) yang tiba ke Stasiun Tanah Abang. 

Berangkat dari stasiun Kebayoran Lama, Anies tiba di stasiun sekitar pukul 09.55 WIB dan disambut sejumlah warga yang langsung mengerumuni Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu untuk bersalaman dan berswafoto.

Dari Halte Stasiun Tanah Abang, Anies langsung menumpang shuttle bus Transjakarta "Tanah Abang Explorer". 


Bersama rombongan, ia berkeliling memantau sirkulasi lalu lintas di sana.

Saat bus melintas di Jalan Jatibaru Raya, Anies sempat melihat sejumlah tukang ojek pangkalan dan ojek online yang mangkal sembarangan di jalan sekitar depan stasiun. Padahal, per hari ini, semua tukang ojek itu telah disediakan tempat menaikturunkan penumpang di area tunggu. 

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) juga masih mengambil sebagian lahan trotoar. Bahkan, ada yang melewati garis kuning untuk penyandang disabilitas. Mereka berjualan aksesoris ponsel, makanan, dan sebagainya. Melihat hal itu, Anies hanya tersenyum sambil memerhatikan kondisi Tanah Abang lewat jendela bus.
Setelah mengelilingi Jalan Kebon Jati, Jalan Kebon Jati Raya, Jalan Jatibaru Raya, dan Jalan Fachrudin, Anies turun di Jalan Kebon Jati Raya yang satu jalurnya telah ditutup untuk pendirian tenda pedagang kaki lima (PKL). 

Ia memberikan Kartu PKL ke beberapa warga. 

"Tenda ada yang belum terpasang, maka sebagian dari mereka belum masuk. InsyaAllah terpasang hari ini," kata Anies.

Anies berjanji akan terus memeriksa kawasan perdagangan tersebut. "Kami pantau terus sebagai sebuah proses review pengguna Tanah Abang, pedagang, pejalan kaki, ojek bagaimana pengalaman mereka dengan penataan baru ini," kata Anies.

Sementara itu, seorang warga di stasiun Tanah Abang, Togi Prakoso mengatakan, menjelang kedatangan Anies, stasiun Tanah Abang mendadak berubah.

"Stasiunnya keliatan bersih banget terus banyak satpam. Jalurnya naik turun tangga jadi jelas, enggak beradu tubruk-tubrukan kayak biasa," kata Togi kepada CNN Indonesia.com

Enam peron yang ada di stasiun, kata Togi, banyak dijaga petugas. Menurutnya, penjagaan ketat ini tidak biasa terjadi.

Kata dia, saat Anies tiba suasana stasiun memang tidak terlalu padat karena bukan jam kerja. "Coba kalau berani, datang jam 07.30 pagi atau jam 17.45," kata Togi.
(ugo/ugo)