Polisi Fokus Tiga Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Jumat, 22/12/2017 17:54 WIB
Polisi Fokus Tiga Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru Jelang perayaan Natal dan tahun baru, kepolisian melakukan tiga bentuk pengamanan yakni terkait ketertiban masyarakat, lalu lintas, dan pengawasan bencana alam. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang perayaan Natal dan tahun baru, pihak kepolisian akan melakukan tiga bentuk pengamanan yakni terkait ketertiban masyarakat, lalu lintas, dan pengawasan bencana alam.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, salah satu yang menjadi fokus pengamanan adalah lalu lintas. Martinus menyatakan telah berkoordinasi dengan Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol untuk mengantisipasi kepadatan.

“Untuk mengelola jalan, kami sudah diberi keleluasaan Jasa Marga untuk mengelola jalan, kami bisa buka, tutup, atau gratiskan satu ruas jalan apabila terjadi kepadatan akibat pembayaran tol,” ujar Martinus di Mabes Polri Jakarta, Jumat (22/12).


Selain itu, pihak korlantas Polri juga telah membagi beberapa titik di sepanjang tol Pantura untuk mengatur buka tutup jalan. Ia mengatakan, kondisi ruas jalan di Cikarang Utama hingga Cikampek hingga saat ini masih padat.

“Kita prediksi (buka tutup) masih dilakukan sampai siang hari besok,” katanya.

Sementara terkait pengamanan tempat ibadah, Martinus mengatakan, kepolisian telah berkomunikasi dengan pihak gereja untuk memastikan jadwal ibadah yang dilakukan.

“Polri kerja sama dengan stakeholder agar bisa mengetahui informasi kapan saja ibadah dilakukan, berapa jemaahnya, sehingga bisa diketahui antisipasi apa yang dilakukan,” ucapnya. (pmg/djm)