Nuansa Misa Adven di Katedral dan Pengamanan Jelang Natal

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Sabtu, 23/12/2017 20:54 WIB
Ratusan umat Katolik menghadiri perayaan misa adven di Gereja Katedral malam ini. Polisi berjaga di sekitar gereja dan menyiapkan mobil baracuda. Pekerja menyiapkan dekorasi Natal di Gereja Katedral, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nuansa perayaan Natal begitu lekat di Gereja Katedral Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ornamen khas Natal seperti pohon cemara dengan kelap kelip lampu hias menghiasi sudut-sudut gereja. Lorong beratap jerami dengan gemerlap lampu hias ikut ditampilkan.

Tenda-tenda besar berwarna putih dengan campuran warna biru juga membentang dari pintu masuk gereja. Tenda itu difungsikan sebagai atap bagi umat Katolik yang ingin mengikuti misa perayaan Natal. Ribuan bangku berjajar rapi di halaman gereja.

Meski misa perayaan malam Natal akan dilakukan pada Minggu (24/12) tetapi hari ini gereja tetap menjalankan kegiatan ibadah misa adven, menyambut kelahiran Yesus. Sejumlah petugas pengamanan dari internal Katedral berjaga di pintu-pintu gereja.


Ratusan umat Katolik yang hadir untuk perayaan misa adven malam ini beribadat dengan khidmat. Nyanyian puji-pujian terdengar merdu hingga ke luar gereja.


Umat Katolik masih mengikuti misa Adven terakhir di Sabtu malam ini. Usai misa, tak lupa kegiatan swafoto tetap dilakukan di dekat ornamen-ornamen Natal.

Tepat di seberang Katedral terdapat pos pengamanan yang sudah disediakan oleh pihak kepolisian. Pos tersebut terletak di samping pintu masuk Masjid Istiqlal.

Nuansa Misa Adven di Katedral dan Pengamanan Jelang NatalPekerja menyiapkan dekorasi Natal di Gereja Katedral, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Satu mobil ambulans dari Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat terparkir di samping pos pengamanan tersebut. Kapolsek Sawah Besar Kompol Eka Bassith pun turut memimpin di pos tersebut.

Belasan pria berseragam juga tampak sedang berjaga dan duduk-duduk di pos pelayanan Gereja Katedral itu. Tenda pleton satu berdiri di trotoar. Dua mobil gegana dan satu mobil baracuda terparkir di seberang Katedral.


Bassith mengatakan sejauh ini situasi masih berlangsung kondusif. Sebanyak 106 personil diturunkan untuk mengamankan perayaan malam Natal tersebut.

"Untuk pengamanan dilaksanakan sesuai dengan SOP dan protap yang dijalankan dengan jumlah personil 106 personil, ada bantuan dari TNI, Pemda, Satpol PP, satu unit jibom untuk sterilisasi dan satu pleton pasukan antianarkis," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (23/12).

Bassith mengatakan, posko tersebut sudah aktif digunakan sejak hari ini. Meskipun telah didirikan sejak beberapa hari sebelumnya.

Pos pelayanan tersebut akan digunakan selama 23 Desember hingga 1 Januari 2018. Penjagaan Katedral sendiri memang cukup ketat karena selama ini menjadi ikon perayaan Natal.

"Katedral ini kan seperti ikon ya, penjagaan jadi memang cukup ketat. Dari dalam Katedral sendiri menyiapkan pengamanan sebanyak 110 orang kalau tidak salah," tuturnya.

Sesuai rencana, aparat keamanan mulai melakukan sterilisasi di Katedral mulai besok, Minggu (24/12) pada pukul 12.00 WIB. (pmg/pmg)