Pemerintah Buka 100 Ribu Lowongan CPNS 2018

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Rabu, 27/12/2017 13:13 WIB
Pemerintah Buka 100 Ribu Lowongan CPNS 2018 Pemerintah buka lowongan CPNS 2018. (ANTARA FOTO/Ilustrasi/Adwit B Pramono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah membuka lowongan kerja bagi 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018, baik di tingkat pemerintahan pusat maupun daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan jumlah pendaftar yang diterima nantinya adalah 50 persen atau separuh dari jumlah aparatur sipil negara yang pensiun di seluruh Indonesia.

Jumlah aparatur sipil negara yang pensiun sepanjang 2017-2018, kata Asman, kurang lebih mencapai 200 ribu orang. Sehingga proyeksi jumlah pendaftar yang diterima sebagai CPNS 2018 berkisar 100 ribu orang.

Asman belum merinci pos-pos apa saja nantinya yang bakal dibuka untuk pendaftaran CPNS. Tiap-tiap daerah kini masih dalam proses pengajuan formasi CPNS yang dibutuhkan kepada Kemenpan-RB.

"Kami berharap tahun 2018 akan menerima minimum 50 persennya, artinya lebih kurang 100 ribu lebih akan kami terima jadi PNS, termasuk Pemerintah Daerah," kata Asman usai memberikan pengarahan di Musrenbang RPJMD DKI Jakarta 2017-2022, Rabu (27/12).


Asman mengaku sudah menyampaikan kepada Pemprov DKI agar menyusun rencana penerimaan PNS di pos yang betul-betul dibutuhkan. Posisi yang diutamakan adalah tenaga kesehatan, seperti dokter dan bidan, serta tenaga pendidik.

Kemudian, lanjut Asman, penerimaan diutamakan juga untuk bidang-bidang yang mendukung program kerja Gubernur Anies Baswedan.

"Misalnya di bidang infrastruktur, bidang pengairan, kita butuh betul-betul pegawai yang sesuai dengan program kerja yang akan diluncurkan Pak Gubernur," kata Asman.

Asman menegaskan, rekrutmen CPNS tidak boleh lagi berbasis nepotisme.

"Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes. Untuk itu saya ingin menyampaikan dalam kesempatan ini, bahwa sistem rekrutmen harus kami perbaiki dan ini sudah kami mulai dari tahun 2017 kemarin," kata Asman.


Pada 2017, Kemenpan-RB membuka formasi sekitar 37 ribu untuk lebih dari 60 kementerian dan lembaga. Jumlah 37 ribu itu disyaratkan adalah lulusan cumlaude. Sedangkan yang mendaftar sekitar 2,6 juta orang.

"Ini rekrutmen yang kami lakukan sekarang. Saya yakin kami akan dapat pegawai-pegawai pilihan," kata Asman.

Lowongan kerja CPNS 2018 akan diumumkan secara resmi di setiap kementerian/lembaga dan Pemda setelah Kemenpan-RB merinci pos-pos apa saja yang nantinya dibutuhkan tenaga baru. (gil)