Tahun Baru, 5.000 Jemaat Ahmadiyah Bersih-bersih di 50 Kota

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Minggu, 31/12/2017 19:34 WIB
Tahun Baru, 5.000 Jemaat Ahmadiyah Bersih-bersih di 50 Kota Publikasi & Hubungan Media Jemaat Ahmadiyah Indonesia, Yendra Budiana menerangkan, setidaknya 5.000 orang ditargetkan ikut dalam acara Clean The City (CTC) secara serentak pada 1 Januari 2018. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) akan menggelar acara Clean The City (CTC) secara serentak pada 1 Januari 2018. Acara bersih-bersih tersebut digelar bersama Humanity First Indonesia (HFI) secara serentak di 50 kota di Indonesia.

Publikasi & Hubungan Media JAI, Yendra Budiana menerangkan, setidaknya 5.000 orang ditargetkan ikut dalam acara tersebut. Dari 50 kota, 10 di antaranya akan diikuti banyak peserta dengan jumlah paling besar yaitu di Jakarta, Tangerang, Bandung, Kuningan, Semarang, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Medan, Makassar dan Samarinda.

"Di Jakarta kemungkinan akan ada 500 orang yang ikut. Tetapi yang paling besar di Kuningan (Jawa Barat) bisa sekitar 2.000 di sana karena komunitas di sana juga besar," terang Yendra saat dihubungi CNNINdonesia.com melalui sambungan telepon, Minggu (31/12).

Sementara itu, Korlap (Koordinator lapangan) Jakarta Kota, Fazal menerangkan, pihaknya sudah mengantongi izin dari Kepolisian Taman Sari. Ia menambahkan, kampanye kebersihan yang dilakukan pihaknya boleh diikuti seluruh komponen masyarakat.

Bagi umat Islam, bisa mengawali kampanye dengan salat Subuh berjamaah di Masjid Al Hidayah yang berlokasi di Jalan Balikpapan untuk kemudian mengikuti CTC hingga ke Jakarta Kota.

"Amat sangat boleh (diikuti masyarakat luas), justru kita pun mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk sementara melepaskan identitas keyakinan kita masing-masing. Harapan kita bisa jadi trigger untuk semua kelompok masyarakat supaya peduli dengan masalah sampah," terang Faizal melalui pesan singkat.

Di tempat lain, korlap Lapangan Pendopo Kuningan, Jawa Barat, Aat, menginformasikan saat ini baru 400 orang yang dipastikan datang namun masih bisa bertambah. Acara ini tidak dikawal pengamanan dari polisi karena dirasa akan aman.

"Ada dua titik yang akan kita bersihkan, yang pertama Taman Pandapa dan Taman Kota Kuningan," terang Aat.

"Alhamdulillah kegiatan CTC selama ini kami tidak ada pengamanan dari pihak kepolisian. Selama kegiatan CTC tiga kali berturut turut Alhamdulillah lancar tanpa ada kendala,” katanya menambahkan.

Tak hanya itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, disebut Yendra juga sudah mengonfirmasi akan hadir. Massa di kota itu diperkirakan mencapai 1.000 orang.

Dengan Tag Line “Awali Dengan Kebersihan”, Komunitas Muslim Ahmadiyah Indonesia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mempropagandakan kampanye cinta tanah air melalui gerakan kebersihan lingkungan.

Acara CTC sebenarnya akan dimulai nanti malam dengan agenda Renungan Cinta Tanah Air dan Tahajud Berjamaah pada Senin dini hari. Dua acara lainnya yakni salat Subuh Berjamaah dan Fun Walk – Clean The City akan diiukuti seluruh jemaat sejak Senin pagi. (djm)


BACA JUGA