Kembang Api dan Bakar Ikan Sambut Tahun Baru di Timur

Deddy S, CNN Indonesia | Minggu, 31/12/2017 23:12 WIB
Kembang Api dan Bakar Ikan Sambut Tahun Baru di Timur Ilustrasi kembang api (Foto: kazu end via Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesta kembang api, bakar ikan, pentas tari tradisional, dan panggung hiburan mewarnai malam pergantian tahun di Indonesia bagian Timur. Seperti dilansir Antara dari Oesao, Baubau, Oelamasi serta Noelbaki, dan Tarus, Kabupaten Kupang, para pemuda di wilayah itu secara bergotong royong membangun panggung hiburan untuk menyemarakkan pergantian tahun.

Panggung hiburan didesain dengan berbagai aneka pernak pernik dan lampu hias beragam warna serta sound sistem yang berkekuatan besar. "Kegiatan seperti ini setiap tahun kami lakukan. Panggung hiburan ini dibangun atas inisiatif pemuda demi memeriahkan malam pergantian tahun yang dirayakan nanti malam," kata Yermi warga Oesao.

Pada malam pergantian tahun, kata dia, masyarakat Kabupaten Kupang selalu menggelar acara pementasan tarian tradisional dan lomba lagu-lagu tradisional diikuti masyarakat setempat.


Masyarakat Kota Kupang juga tidak ketinggalan dalam memeriahkan malam pergantian tahun ini dengan membangun panggung hiburan untuk memeriahkan malam pergantian tahun di berbagai lokasi, seperti di jalan protokol Kota Kupang.  Sementara itu pesta kembang api di Kota Kupang akan dipusatkan di alun-alun rumah jabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Di Jayapura, Papua, warga memadati halaman kantor gubernuran Dok II untuk menyaksikan hiburan yang digelar Pemprov Papua. Warga juga sudah menyalakan berbagai kembang api sejak pukul 20.00 WIT.

Selain itu, warga Jayapura juga beraktivitas di luar rumah. Ada yang asyik membakar ikan di halaman, bersama keluarga dan tetangga. "Syukur hujan sudah reda sehingga aktivitas dapat dilakukan di luar rumah," kata Ibu Martha, yang bersama ibu-ibu lainnya sedang menyiapkan berbagai perlengkapan untuk acara bakar ikan.

Menurut Martha, kegiatan bakar ikan sudah rutin dilakukan di lingkungannya khusus untuk merayakan pergantian tahun dan menu yang disajikan bervariasi namun semuanya dibakar.

Menu yang diolah merupakan sumbangan para tetangga dan disantap menjelang detik detik pergantian tahun sehingga anak anak tidak perlu merayakan jauh dari keluarga. (ded/ded)