Pantai Ancol Masih Jadi Pilihan Wisata Warga Jakarta

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 02/01/2018 03:05 WIB
Pantai Ancol Masih Jadi Pilihan Wisata Warga Jakarta Warga Jakarta menghabiskan masa liburan tahun baru di Pantai Ancol, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Gloria Safira)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Impian Jaya Ancol masih menjadi pilihan bagi masyarakat Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan. Selama libur awal tahun baru 2018, kawasan wisata yang terkenal dengan pantainya ini dipadati pengunjung.

Corporate Communications Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, hingga pukul 15.00 WIB tercatat pengunjung berjumlah 135.363 orang. Angka itu ditambah dengan jumlah kendaraan roda empat 11.751 unit dan roda dua 15.698 unit.

Menurutnya, pengunjung hari ini paling banyak datang ke kawasan pantai. Pantai Ancol menjadi tempat favorit daripada wahana lain yang ada di sana.


"Iya memang, paling banyak masyarakat hadir ke pantai, salah satunya Pantai Lagoon," kata Rika di Ancol, Jakarta Utara, Senin (1/1).
Ia menuturkan, antusias warga yang datang ke Ancol sudah terlihat saat malam pergantian tahun. Namun, bila dibandingkan tahun lalu, jumlah pengunjung saat ini menurun.

"Tahun 2017 itu 249.871 orang, dan semalam itu sampai dini hari kami catat ada 219.271 orang," ucapnya.

Tampak antrean kendaraan di pintu masuk. Berbondong-bondong pengunjung membawa sanak saudara untuk sekadar mencari tempat hiburan di utara Ibu Kota.

Ismed, salah satunya. Ia datang bersama keluarga besarnya dari rumahnya di wilayah Jati Waringin, Jakarta Timur. Ia datang sejak pagi tadi beramai-ramai berangkat menggunakan moda transportasi Transjakarta, dengan niatan berwisata di Pantai Ancol.

"Saya sudah dari jam sembilan tadi sampai. Ini sama anak, istri, orangtua dan saudara pada ikut semua," tuturnya.

Baginya, selain mudah dijangkau, berlibur di Ancol tidak terlalu menguras isi kantong. Ia mengaku hanya membayar di pintu masuk dan bebas biaya untuk menikmati pantainya.

"Kan kecuali kalau kami ke Dufan, atau ke mana gitu. Kalau pantai kaya Lagoon mah gratis kok," katanya.
Selain Ismed, warga Jakarta lainnya, yakni Lantip juga menjadi salah seorang yang menikmati Pantai Ancol hari ini. Dengan mengendarai sepeda motor, Lantip dan istrinya berangkat dari kediamannya di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Keduanya tampak ceria berada di bawah teriknya matahari dan ramainya pengunjung di bibir pantai, sembari bermain pasir. "Bingung saya mau kemana ini sama istri, iseng ke Ancol, main di pantai enak juga biar panas," ucap Lantip sambil tertawa.

Lebih lanjut, Rika mengimbau, di tengah ramainya Ancol, pengunjung tetap menjaga diri. Terutama, bagi pengunjung yang membawa anak-anak untuk memberi pengawasan lebih.

Namun, hingga kini Rika mengatakan belum menemukan laporan dari pengunjung yang terpisah dari anaknya.

"Imbauannya agar pengunjung tidak membawa barang-barang yang berlebihan dan membuat repot. Tetap menjaga anggota keluarganya agar tidak terpisah dan menjaga kebersihan," ungkapnya. (pmg/pmg)