Ditantang Menteri Susi, Sandiaga Gelar Festival Danau Sunter

Tiara Sutari , CNN Indonesia | Kamis, 04/01/2018 08:57 WIB
Ditantang Menteri Susi, Sandiaga Gelar Festival Danau Sunter Dalam festival Danau Sunter rencananya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menantang Menteri Susi Pudjiastuti untuk turut berlomba olahraga air. Sandi akan berenang mengarungi Danau Sunter sedangkan Susi akan menaiki paddle board dan mendayung di danau itu. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar acara bertajuk Festival Danau Sunter pada Februari mendatang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengaku acara yang akan digelar itu merupakan jawaban atas tantangan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, soal pembersihan danau-danau. Sandi pun menyatakan festival itu akan mengundang Susi untuk menyaksikan dan terlibat dalam festival di danau buatan yang terletak di kawasan Jakarta Utara tersebut.

“Sekitar pertengahan Februari atau akhir Februari. Tergantung Bu Susi siapnya kapan untuk datang, yang jelas festival itu akan dilaksanakan secepatnya,” kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (3/1) malam.

Semalam Sandi mengaku bertemu dengan perwakilan dari KKP yang dikirim langsung Menteri Susi Pudjiastuti untuk menanyakan kesiapan pemprov untuk menggelar festival danau tersebut.

Jadi ini festival open (terbuka), biar semua bisa merasakan berenang di open water.Sandiaga Uno
Berbagai pertanyaan pun dilontarkan Pihak KKP, seperti kesiapan air, keselamatan untuk berenang, serta kualitas dan kelayakan air danau untuk digunakan peserta beraktivitas.

“Banyak yah, tapi pertanyaan itu seputar kualitas air kalau mau dipake berenang,” kata Sandiaga Uno.

Dalam festival itu rencananya Sandi akan menantang Susi untuk turut berlomba olahraga air. Sandi akan berenang mengarungi Danau Sunter sedangkan Susi akan menaiki paddle board dan mendayung di danau itu.

“Saya berenang, Bu Susi nanti naik paddling, kita lomba di sana,” kata dia.


Festival ini juga rencananya akan dibuka untuk umum. Sehingga tidak hanya Susi Pudjiastuti dan Sandiaga Uno yang akan berenang di danau buatan tersebut. Sandi menyatakan keinginannya agar atlet dan warga juga ikut serta berlomba renang di danau tersebut.

“Jadi ini festival open (terbuka), biar semua bisa merasakan berenang di open water,” kata Sandi mengibaratkan Danau Sunter sebagai perairan terbuka.

Untuk festival ini sendiri rencananya akan dilaksanakan di Danau Sunter Selatan. Sandiaga Uno juga telah menunjuk Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad untuk menjadi penanggung jawab acara tersebut. (kid/djm)