Gus Ipul Terkejut Azwar Anas Disebut Batal Maju Cawagub Jatim

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 04/01/2018 22:53 WIB
Gus Ipul Terkejut Azwar Anas Disebut Batal Maju Cawagub Jatim Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) dan pasangannya Azwar Annas diperkenalkan disaksikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ketika rakor pengumuman calon gubernur dan wakil gubernur di Kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang dibukanya pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Jawa Timur pada 8 Januari 2018, Bupati Banyuwangi Azwar Anas dikabarkan mundur dari pencalonannya sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur di Pilgub Jatim 2018.

Kabar batalnya Anas maju mendampingi Syaifullah Yusuf tersebut beredar di media sosial.

Menanggapi kabar tersebut, Gus Ipul mengaku terkejut. Dia belum bisa memberikan jawaban mengenai informasi tersebut.


"Nanti Pak Anas sendiri yang akan mengatakan mengenai pengunduran dirinya," tutur Gus Ipul di Surabaya, Kamis (4/12) malam.
Saat disinggung mengenai perihal pengunduran diri Anas, Gus Ipul mengaku belum mengetahui secara pasti masalah pengunduran diri.

"Saya secara pribadi belum ketemu dan berkomunikasi secara langsung dengan Pak Anas, tetapi ini hanya informasi awal dan Pak Anas sendiri yang nanti berniat menyampaikannya sendiri," kata Gus Ipul.

Saat ditanya mengenai siapa pengganti Mas Anas, Gus Ipul menyampaikan bahwa belum bisa berspekulasi namun partai pengusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), akan mempertimbangkan dan mengambil langkah konkrit mengenai perihal pengunduran diri tersebut.

"Saya sudah sampaikan kepada partai pengusung dan kami juga tetap mengikuti dan mengawal perkembangan isu yang beredar," ucap Gus Ipul.
Gus Ipul menegaskan bahwa perombakan seperti ini sudah biasa terjadi menjelang pembukaan pendaftaran Pilkada.

"Efek kejutan seperti ini sudah biasa terjadi, contohnya saya dulu dengan Pakde Karwo juga terjadi di detik-detik terakhir," ujar Gus Ipul.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi, membantah keras isu yang beredar di berbagai media sosial jika DPP akan menganulir pencalonan Abdullah Azwar Anas.

"Ora ono opo-opo (tidak ada apa-apa), bagaimana saya mau nanggapi itu isu. Itu lihat baliho tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas masih terpasang di kantor DPD PDIP Jatim,” katanya.

Sementara itu, ketua tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Mas Anas, Hikmah Bafaqih juga mengatakan bahwa pihaknya memang mendengar adanya isu tersebut. Namun, dia belum berani memberikan keterangan.

“Akan ada pemberitahuan lebih lanjut, ditunggu ya," ujar Hikmah Bafaqih.
(dik/ugo)