Azwar Anas Serahkan Nasib Pencalonan ke PDIP-PKB

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Sabtu, 06/01/2018 11:56 WIB
Lewat surat penyerahan mandat, Azwar Anas mengembalikan keputusan pencalonan wakil gubernur Jatim 2018 pada PDIP dan PKB. Azwar Anas mengembalikan mandat pada soal pencalonan dirinya di Pilkada Gubernur Jatim pada PDIP Perjuangan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengembalikan keputusan pencalonan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018 kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai yang mengusung Azwar sebagai calon wakil gubernur mendampingi Saifullah Yusuf.

Pernyataan itu ia tuliskan dalam surat yang beredar di kalangan awak media. Sumber yang dekat dengan Anas mengonfirmasi surat itu pada CNNIndonesia.com.

"Demi tanggung jawab saya kepada masyarakat, bahwa menjadi pemimpin itu harus amanah, juga demi terwujudnya program-program kerakyatan partai dalam pembangunan untuk menyejahterakan rakyat Jatim, maka saya memberikan kembali mandat penugasan sebagai cawagub Jatim ke partai," kata Anas dalam surat.


Anas bercerita bahwa banyak cobaan dan godaan yang telah ia lalui selama menjabat sebagai bupati Banyuwangi selama dua periode. Ia mengklaim bisa mengatasi masalah itu dan mendapat apresiasi dari warga Banyuwangi.

Menurut Anas ada pihak yang menggunakan segala cara untuk mengorbankan kehormatan keluarga saat berproses dalam pencalonan sebagai wakil gubernur Jatim. Ia tidak menjelaskan secara rinci apa yang mengorbankan kehormatan tersebut, namun belakangan beredar forto yang menampilkan Anas bernuansa kurang sopan di media sosial.

"Saya sungguh mengucapkan terima kasih, kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, keluarga besar PDI Perjuangan dan Nahdliyin yang telah memberi kepercayaan kepada saya. Ibu Megawati telah mengajarkan kepada kami semua untuk memegang teguh komitmen terhadap aspek-aspek kepemimpinan," kata Anas.

Ia percaya pihak yang menggunakan politik dengan segala cara akan diberikan keadilan oleh Allah SWT. Ia juga percaya ada keadilan pada dirinya.

"Untuk selanjutnya, saya akan berjuang dengan segenap daya dan upaya, bersama-sama rakyat Banyuwangi, untuk mewujudkan kesejahteraan bagi semua sebagaimana telah berhasil kita jalankan dalam hampir delapan tahun terakhir," kata Anas.

PDIP sendiri langsung merespons pengembalian mandat ini dengan menggelar pertemuan dan konferensi pers pada siang nanti. (vws)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK