Alasan PDIP Tak Pilih Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 07/01/2018 13:36 WIB
Alasan PDIP Tak Pilih Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan keputusan ini diambil usai PPP dan PKB sepakat mengusung Uu Ruzhanul Ulum untuk mendampingi Ridwan Kamil. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan alasan partainya tak jadi mengusung Ridwan Kamil dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat.

Hasto mengatakan, keputusan itu diambil usai pihaknya bertemu dengan Ketua Umum PPP versi Romahurmuziy dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam acara pernikahan anak Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, Romi—sapaan Romahurmuziy dan Cak Imin menyatakan sepakat mengusung Uu Ruzhanul Ulum untuk mendampingi Ridwan Kamil.



“Jadi kemarin saat acara perkawinan di tempat Pak Pramono Anung ada aspirasi dari beliau-beliau PPP mengusung Pak Uu mendampingi Ridwan Kamil,” ujar Hasto di kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1).

Dari hasil pembahasan tersebut, kata Hasto, akhirnya PDIP dan PPP sepakat mengusung Uu sebagai cawagub Ridwan Kamil.
“Setelah hal tersebut dibahas kami kemudian memutuskan untuk mencalonkan sosok yang sudah dikenal, kader partai yang baik Pak TB Hasanuddin dan Anton Charliyan,” katanya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya resmi mengumumkan TB Hasanuddin sebagai calon gubernur Jawa Barat pada tahun ini. Hasanuddin akan berpasangan dengan Irjen (Pol) Anton Charliyan, mantan Kapolda Jabar. (lav/nat)