Ada 220 Kampung Kumuh di Jakarta, Anies Janji Bawa Perbaikan

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 08/01/2018 03:33 WIB
Ada 220 Kampung Kumuh di Jakarta, Anies Janji Bawa Perbaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan membawa perubahan di tengah masih adanya 220 kampung padat miskin kumuh di Ibu Kota. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan membawa perubahan demi memperbaiki kesejahteraan warga, di tengah masih adanya 220 kampung padat miskin kumuh di Ibu Kota.

Hal itu disampaikan Anies dalam pidato untuk deklarasi Rumah Kebangkitan Nasional di Jakarta, Minggu (7/1).

“Kalau kita bicara Indonesia maju dan berkembang, tetapi di Jakarta lebih dari 220 Kampung kumuh padat miskin, kupat miskin,” kata Anies.

Pemimpin daerah itu mengeluh, kesenjangan antara yang kaya dan miskin sangat terlihat di Jakarta. Kemiskinan yang dilihatnya di pelosok Indonesia di masa lalu masih tak sebanding dengan kemiskinan orang Jakarta.


“Kalau ingin lihat kemiskinan yang ekstrem, maka tidak usah jauh-jauh, maka datangnya ke Jakarta. Ingin lihat kekayaan ekstrem juga tidak usah jauh-jauh, datang ke Jakarta, di sinilah yang ekstrem ini dua-duanya ada,” ungkap Anies.

Dia bercerita, saat kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) beberapa waktu lalu, dirinya melihat kemiskinan di Jakarta jauh lebih parah dibandingkan yang terjadi di negara lain.

Menurut dia, penduduk Jakarta tak hanya kekurangan biaya hidup, tetapi juga tidak mendapatkan air bersih, udara yang bersih, hak untuk mendapatkan pendidikan hingga makanan yang bergizi.

“Di pelosok tanah air, orang miskin masih memiliki udara bersih, lahan besar, sumber alam langsung ada. Sampai di Jakarta, miskin dalam kesempitan, udara kotor, ketidakpastian pekerjaan, ketimpangan luar biasa,” lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini. (lav/sur)