PDIP Tugaskan Djarot ke Jawa Timur Cari Pengganti Azwar Anas

Feri Agus Setyawan, CNN Indonesia | Senin, 08/01/2018 11:31 WIB
PDIP Tugaskan Djarot ke Jawa Timur Cari Pengganti Azwar Anas PDIP mengutus Djarot Saiful Hidayat ke Jawa Timur untuk mencari pengganti Azwar Anas sebagai pendamping Gus Ipul di Pilgub Jatim. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menugaskan kadernya Djarot Saiful Hidayat untuk pergi ke Jawa Timur mencari pengganti Azwar Anas sebagai bakal calon wakil gubernur. Ada sejumlah nama yang telah diajak berkomunikasi oleh partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Pak Djarot juga ditugaskan ke Jatim. Kami akan lihat terlebih dahulu bagaimana keseluruhan suasana kebatinan dan harapan masyarakat Jatim soal pemimpinnya," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi, Senin (8/1).

Wali Kota Tri Rismaharini sebelumnya sempat diisukan bakal menggantikan Azwar di Jawa Timur. Namun PDIP menepis kabar tersebut.


Hasto menyebut sudah ada nama-nama tokoh yang muncul untuk menggantikan Azwar mendampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Saefullah Yusuf di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

"Nama-nama sempat ada disebutkan. Beberapa nama tokoh yang memiliki nama di pemerintahan, ada tokoh yang memiliki pengalaman DPR, ada tokoh yang dari kalangan media termasuk disiapkan, tapi keputusan belum diambil," ujarnya.


Hasto mengungkapkan, Saefullah Yusuf alias Gus Ipul juga sempat berkomunikasi dengan DPP PDIP untuk menyampaikan kriteria pengganti Azwar yang diterpa isu foto tak senonoh.

Menurut dia, Gus Ipul meminta pengganti Azwar harus bisa diajak bekerja sama dan saling melengkapi. Meskipun demikian, kata Hasto, Gus Ipul menyerahkan sepenuhnya keputusan pengganti Azwar ke PDIP.

"Gus Ipul memilki permintaan sekiranya akan dilakukan pergantian kiranya bisa diajak kerja sama dengan baik dan melengkapi dengan baik. Tidak menyebutkan nama. Mengikuti keputusan partai. Tapi itu sekiranya dilakukan pergantian," ujarnya.


Kejutan saat Pendaftaran

Hasto memastikan PDIP bakal mengumumkan nama pengganti Azwar ketika melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur.

"Biar mengejutkan lawan. Biar mengejutkan mereka yang telah melakukan politik hitam. Biar saja nanti kami umumkan, kita lihat momentum yang tepat," kata dia.

Meski demikian Hasto tak menyebut kapan pastinya Gus Ipul akan mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Timur. Masa pendaftaran calon kepala daerah sudah dibuka sejak hari ini, Senin (8/1) sampai dengan Rabu (10/1).

"Nanti kita lihat momentumnya kan semua harus dengan kalkulasi. Dan kami juga mempertimbangkan dinamika politiknya," ujarnya.


PDIP batal mengumumkan pengganti Azwar saat pengumuman calon gubernur dan wakil gubernur di sejumlah daerah kemarin. Hasto menyatakan, pihaknya masih mempertimbangkan suasana kebatinan Azwar usai diserang isu beredarnya foto tak sopan ke publik.

“Tentu kami masih melihat suasana kebatinan Azwar Anas yang saat ini terus mendapat dukungan dari rakyat Banyuwangi. Tentu kami tidak tergesa-gesa [mengumumkan], masih ada waktu,” ujar Hasto di kantor DPP PDIP kemarin.


(gil)