Ridwan Kamil-Uu dan Demiz-Demul Daftar ke KPU Jabar Hari Ini

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 09/01/2018 06:43 WIB
Ridwan Kamil-Uu dan Demiz-Demul Daftar ke KPU Jabar Hari Ini Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Dedi Mizwar-Dedi Mulyadi berencana mendaftar ke KPU Jawa Barat hari ini, Selasa (9/1). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur berencana mendaftar ke KPU Jawa Barat hari ini, Selasa (9/1). Mereka adalah pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Dedi Mizwar-Dedi Mulyadi.

Ridwan dan UU berencana mendaftar ke KPU Jabar sekitar pukul 09.00 WIB, sementara duo DM dijadwalkan mendaftar sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyatakan pihaknya siap mengantisipasi kedatangan kedua paslon tersebut.


“Diperkirakan kantor KPU akan dipadati banyak orang, sehingga perlu pengaturan yang baik,” kata Yayat saat memimpin apel penutupan pendaftaran calon gubernur hari pertama di Jalan Garut, Bandung, semalam (8/1).

KPU Jabar, kata Yayat, akan mengutamakan pelayananan. Sementara kepolisian dilibatkan untuk menjamin keamanan, termasuk kelancaran lalu lintas di kawasan KPU Jabar hari ini.


Bakal calon gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku telah mempersiapkan kelengkapan sebagaimana diatur KPU dan telah meminta dukungan maupun doa dari jajaran pendukungnya agar diberi kelancaran bertarung di Pilgub Jabar.

"Jam 7 pagi kiai se-Jawa Barat akan hadir mendoakan ikut salat hajat. Setelah itu kami jalan kaki ke KPU dengan iring-iringan yang kreatif supaya punya kesan positif," kata Emil.

Pilgub Jawa Barat 2018 telah memunculkan empat pasangan calon yang bakal bertarung. Masing-masing pasangan calon telah mengantongi syarat 20 kursi dukungan legislatif di daerah.


Mereka yang bakal berebut kekuasaan di Jawa Barat adalah Ridwan-Uu yang diusung PPP (9 kursi), PKB (7 kursi), dan NasDem (5 kursi). Dedy Mizwar-Dedi Mulyadi didukung Golkar (17 kursi) dan Demokrat (12 kursi).

Pasangan calon penantang lainnya adalah Sudrajat dan Muhammad Syaikhu yang didukung Gerindra (11 kursi), PKS (12 kursi), dan PAN (4 kursi). PDIP, satu-satunya partai yang punya 20 kursi di Jabar, mengusung duet TB Hasanuddin-Anton Charliyan. (hyg/gil)