Banjir Merendam Ratusan Rumah di Gorontalo

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Sabtu, 13/01/2018 11:27 WIB
Banjir Merendam Ratusan Rumah di Gorontalo Ilustrasi. (Thinkstock/KSwinicki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banjir merendam ratusan rumah di empat desa di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, akibat hujan deras selama dua jam yang membuat sungai meluap pada Jumat (12/1).

Berdasar keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang diterima CNNIndonesia.com pada Sabtu (13/1), sebanyak 241 jiwa di Desa Mutiara, 80 jiwa di Desa Mekarjaya, 113 jiwa di Desa Mustika--ketiganya berlokasi di Kecamatan Togeaman--dan 781 KK di Desa Harapan (Kecamatan Wonosari) terdampak akibat banjir.
Tepatnya sebanyak 470 rumah direndam banjir dengan ketinggian air bervariasi dari 60 cm hinga 150 cm. Dari jumlah itu, yang paling banyak terdampak adalah di Desa Harapan dengan 350 rumah akibat tanggul yang jebol sepanjang 20 cm.

"BPBP (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat telah memberikan bantuan 115 nasi bungkus kepada warga Desa Mustika," tulis Sutopo.


Ia juga mengatakan pendataan masih terus dilakukan.
Sementara itu, terhitung Sabtu, banjir dilaporkan sudah berangsur surut.

Ini bukan yang pertama kali banjir terjadi di Boalemo. Pada Desember lalu, berdasar data dari situs Kementerian Kesehatan, banjir juga merendam ratusan rumah di Boalemo akibat hujan lebat yang menjebol tanggul sepanjang 10 meter.

Tahun lalu, berbagai media melansir pada Januari, Februari, Maret dan Juni, ratusan rumah di Boalemo juga direndam banjir. (stu)